Tindak Tegas PT IBU, Pemerintah Pasti Berdasarkan Pertimbangan Matang

Update Tanggal : 07 August 2017 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Jakarta — Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba, meyakini pemerintah takkan mungkin menindak PT Indo Beras Unggul (IBU) tanpa pertimbangan matang. "Pemerintah mengambil kebijakan itu tidak sembarangan. Pasti berdasarkan pertimbangan-pertimbangan," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (4/8/2017) malam. Senator asal Sumatera Utara ini pun berkeyakinan, tindakan tegas tersebut berdampak positif pada tata niaga pangan, khususnya bisnis beras. "Tindakan tegas tersebut seperti shock therapy. Ini perlu juga, sehingga tetap bekerja untukbkepentingan rakyat," jelasnya.

Karenanya, Parlindungan mendukung penuh menyelesaian kasus PT IBU, anak usaha PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) Food, melalui ranah hukum. "Biarlah hukum yang membuktikan pasti ada nanti fakta-fakta di pengadilan," yakin mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) itu.

Perbaiki Tata Niaga

Di sisi lain, Parlindungan berharap, pemerintah mengambil momentum dari kasus tersebut dengan menyosialisasikan aturan-aturan terkait kepada perusahaan pangan. "Supaya ini jangan sampai terulang kembali. Ini sebagai pembelajaran bagi semua," ucapnya. Sehingga, para pengusaha 'nakal' dapat memperbaiki pola berbisnisnya, agar sesuai rambu-rambu yang telah ditetapkan pemerintah.

Mantan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumut itu mengusulkan demikian, mengingat beras adalah pangan pokok rakyat Indonesia. Sehingga, bernilai strategis dan penanangannya harus komprehensif, baik dari segi harga, gizi, dan lainnya. Dengan demikian, pungkas Parlindungan, "Masyarakat tidak sampai dirugikan."

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Kasus Rabies di Bali Terus Menurun, Status Bebas di Depan Mata
16/12/2017
news

Jakarta (15/12) - Sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia, Pemerintah terus meningkatkan upaya-upayanya dalam memberikan keamanan dan perlindungan bagi masyarakat dan….

Mentan Dorong Pemda Kerjasama Dengan Perbankan dan Investor Untuk Mewujudkan Swasembada Protein Hewani
15/12/2017
news

Jakarta (14/12) -  Bertempat di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Menteri Andi Amran Sulaiman memfasilitasi pertemuan antara Bupati/Walikota dengan Perbankan, Kamis tanggal….

Buka Rakortek, Sekjen Kementan Minta Pejabat Kesekretariatan Tingkatkan Supervisi

Mentan Ingatkan CPNS Kementan : Masa Depan Bangsa Ada Ditangan Kalian

Pemerintah Jamin Stok dan Harga Pangan Aman

Jelang Natal dan Tahun Baru 2018, Stok Aman di NTT

Kedelai Nasional Primadona Melalui Branding

Sapi Belgian Blue Lahir Lagi

Kementan Berikan Bantuan Kepada Peternak Korban Bencana Banjir dan Longsor di Pacitan