Karantina Soetta: Dalam Sehari Dua Penyelundupan Digagalkan

Update Tanggal : 09 August 2017 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Kerjasama adalah kunci kesuksesan dalam menjalankan tugas. Dengan kerjasama yang baik banyak prestasi yang bakal kita raih. Salah satu buktinya adalah yang kemarin terjadi di Karantina Soetta. Dalam satu hari Karantina Soetta berhasil menggagalkan dua usaha penyelundupan sekaligus. Keberhasilan ini berkat kerja nyata petugas Karantina Soetta dan kerjasama yang baik dengan instansi terkait, yaitu Bea Cukai, Avsec dan Kantor Pos Kemarin siang (7/8) sekitar pukul 12.00 WIB, saat berpatroli di terminal kargo, petugas Karantina Soetta mendapat informasi dari pihak Kantor Pos Kargo bahwa ada satu paket dari  luar negeri yang mencurigakan.

Bersama-sama kemudian dilakukan pemeriksaan isi paket itu. Ternyata di dalamnya tersimpan seekor ular yang disamarkan dalam tumpukan makanan ringan. Tidak ada dokumen karantina dari negara asal yang menyertainya. Dari daftar manifes diketahui paket itu berasal dari Hongkong. Saat ini ular tersebut ditempatkan di Instalasi Karantina Hewan.

Matahari kian condong ke arah barat, sore hari pun telah menjelang. Kurang lebih pukul 16.30 WIB saat sedang melakukan pengawasan di terminal internasional,  petugas Karantina Soetta berhasil menggagalkan usaha penyelundupan 72 ekor burung yang rencananya akan diterbangkan ke Bahrain dengan pesawat Emirates.

Seorang WNA  mencoba menyelundupkan burung-burung tersebut dalam puluhan pipa kecil yang dikemas rapi dalam sebuah koper. Satu pipa bisa berisi 1-3 ekor burung. Burung-burung tersebut terdiri dari Kutilang  57 ekor, Cucak 8 ekor, Kacer 2 ekor, Jalak 3 ekor, Towet 1 ekor dan Murai batu 1 ekor.

Melalui koordinasi yang baik dengan instansi terkait dalam hal ini pihak Avsec dan Bea Cukai, penyelundupan ini berhasil digagalkan.Kesigapan petugas karantina yang sedang bertugas di terminal merupakan kunci dari penggagalan penyelundupan ini.

Setelah itu dilakukan proses serah terima dari pihak Avsec ke pihak Karantina Soetta. Kesemua burung itu kemudian ditempatkan di Instalasi Karantina Hewan. Semua barang bukti dan identitas pelaku telah disimpan dan menunggu untuk proses selanjutnya.

#KarantinaSoetta

#KerjaNyata

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Kasus Rabies di Bali Terus Menurun, Status Bebas di Depan Mata
16/12/2017
news

Jakarta (15/12) - Sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia, Pemerintah terus meningkatkan upaya-upayanya dalam memberikan keamanan dan perlindungan bagi masyarakat dan….

Mentan Dorong Pemda Kerjasama Dengan Perbankan dan Investor Untuk Mewujudkan Swasembada Protein Hewani
15/12/2017
news

Jakarta (14/12) -  Bertempat di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Menteri Andi Amran Sulaiman memfasilitasi pertemuan antara Bupati/Walikota dengan Perbankan, Kamis tanggal….

Buka Rakortek, Sekjen Kementan Minta Pejabat Kesekretariatan Tingkatkan Supervisi

Mentan Ingatkan CPNS Kementan : Masa Depan Bangsa Ada Ditangan Kalian

Pemerintah Jamin Stok dan Harga Pangan Aman

Jelang Natal dan Tahun Baru 2018, Stok Aman di NTT

Kedelai Nasional Primadona Melalui Branding

Sapi Belgian Blue Lahir Lagi

Kementan Berikan Bantuan Kepada Peternak Korban Bencana Banjir dan Longsor di Pacitan