Tak Lolos X Ray, 101 Hewan Tujuan Madinah Ditahan Karantina

Update Tanggal : 14 September 2017 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Tangerang - Petugas AVSEC dan Karantina Bandara Soekarno Hatta berhasil gagalkan penyelundupan 101 ekor hewan yang tujuan Madinah, Saudi Arabia (13/9). Awalnya sekitar pukul 15.15 WIB petugas AVSEC mencurigai empat koper yang dibawa warga negara Saudi Arabia saat lewati gate 2 terminal 3, sesaat setelah melewati x-ray. Setelah dilakukan pemeriksaan lebih intensif bersama petugas karantina setempat didapati 101 ekor hewan dalam yang disimpan dalam kantong-kantong kain di empat koper tertutup, yang dicampur bersama barang bawaan pribadi.

Diketahui pula beberapa hewan masuk dalam katogori apendiks I yang artinya spesies tersebut terancam punah dan dilarang dalam segala bentuk perdagangan internasional. Sementara lima ekor hewan lainnya mati, yaitu kura-kura (dua ekor) dan musang (tiga ekor).

Berikut detil hewan yang disimpan dalam koper tersebut ;

- 65 ekor kura-kura (2 ekor mati),
- 9 ekor ular,
- 5 ekor biawak (Varanus sp.),
- 10 ekor buaya,
- 4 ekor musang (3 ekor mati), dan
- 8 ekor lintah (Hirudinae)

Yang masuk dalam apendiks 1 sebagai berikut ; 

- 9 ekor kura-kura moncong babi (Carettochelys insculpta)
- 8 ekor buaya muara (Crocodylus porosus), 1 dalam keadaan mati,
- 2 ekor buaya sinyulong (Tomistoma schelegeli)

Semua hewan tersebut tidak dilengkapi dengan sertifikat karantina dan dokumen lainnya. Sehingga ditahan oleh petugas karantina, dan rencananya akan diserahkan ke BKSDA untuk direhabilitasi lebih intensif.

Berita Lainnya