Kementerian Pertanian adakan Bazar Beras di 4 Provinsi

Update Tanggal : 12 January 2018 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Merespon  kecendrungan meningkatnya harga beras akhir-akhir ini, dan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat memenuhi kebutuhan pangan berkualitas dengan harga terjangkau, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) bekerjasama dengan pemerintah daerah  di 4 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DI. Yogyakarta mengadakan bazar beras pada hari Jumat dan Sabtu (12-13/1/2017).

"Bazar pangan ini kita lakukan serentak di 4 provinsi dengan tujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat membeli beras dan komoditi lain dengan harga terjangkau," kata Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi di Toko Tani Indonesia Center (TTI-C).

Agung melanjutkan kegiatan ini merupakan bentuk sinergi pemerintah untuk menekan harga komoditas pangan khususnya beras yang sedang bergejolak di pasaran. "Bulog melakukan op (operasi pasar), kita melakukan ini (bazar) dengan satu tujuan yang sama yakni menekan harga beras. Perlu diingat, beras yang kita salurkan ini bukan berasal dari stok di Bulog".

Di sela-sela wawancara dengan awak media, Agung sempat menunjukkan truk yang berisi penuh dengan beras berasal dari Ngawi, Jawa Timur baru saja tiba. Dirinya ingin sekaligus menunjukkan bahwa kondisi saat ini sedang panen dimana-mana dan stok-stok di berbagai lumbung padi dalam proses distribusi ke masyarakat.

Khusus harga beras yang dijual adalah beras medium dengan harga Rp.8.800/kg yang dijual oleh Toko Tani Indonesia (TTI) di 4 provinsi tersebut.

Komoditi lain yang dijual Bawang Merah Rp. 18.000,- Minyak Goreng 11.000,- Gula Pasir Rp. 12.000,-/kg. 

Untuk provinsi DKI Jakarta, bazar Pangan akan dilakukan menggunakan Mobil TTI di 11 titik penjualan, yaitu : 1. Ps. Pondok Labu; 2. Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC); 3. Kelurahan Balekambang; 4. Kecamatan Mampang; 5. Ps. Warung Buncit; 6. Ps. Cipinang Melayu; 7. Kelurahan Cilandak Timur; 8. Kelurahan Ragunan; 9. Ps. Cijantung; 10. Ps. Kramat Jati; 11. Kec. Tebet. 

Bagi warga DKI Jakarta yang akan belanja dapat mengunjungi salah satu dari 11 lokasi, yang serentak akan dibuka mulai jam 08.00,-

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Berkat Subak, Petani Bali Tanam dan Panen Padi Tiap Hari
18/01/2018
news

Bali (17/1) - Eksistensi subak di Bali sudah tidak diragukan lagi. Organisasi petani warisan nenek moyang masyarakat Bali ini memang patut dibanggakan. Subak merupakan organisasi….

Sinergi dan Kerja Bersama Untuk Program Mengangkat Kesejahteraan Petani
16/01/2018
news

Jakarta (15/01/2018) - Di awal tahun 2018 ini, Kementerian Pertanian menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2018. Dihadiri oleh ribuan peserta….

Kementerian Pertanian adakan Bazar Beras di 4 Provinsi

Kementan Pastikan Yogya Panen Tiap Hari Hingga Maret

Kementan Beli Bawang Merah Petani Brebes 40 Ton

Produktivitas Panen Tinggi, Revitalisasi Pengairan di Sawah Pangandaran Menuai Hasil

Panen Padi Di Lahan Kering

Swasembada Pangan Suatu Keharusan

Tiada Hari Tanpa Panen di Yogyakarta