Kapal Ternak Terbukti Mumpuni, Berdikari Pasarkan Daging Sapi Rp85 Ribu per kg

Update Tanggal : 22 February 2016 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Jakarta (B2B) - Kapal ternak pengangkut sapi dari Kupang, Nusa Tenggara Timur ke Pulau Jawa menunjukkan hasil positif, konsumen di Jakarta dapat membeli daging sapi seharga Rp85.000 per kg pada kegiatan operasi pasar daging murah di Jl Sunda, Jakarta Pusat pada Minggu pagi (21/2), yang diadakan oleh Kementerian Pertanian RI bersama PT Berdikari (Persero).

"Daging sapi yang dijual kali ini merupakan daging hasil pemotongan sapi lokal yang berasal dari daerah potensi sumber sapi potong di Nusa Tenggara yang diangkut oleh kapal khusus ternak KM Camara Nusantara I milik pemerintah," kata Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman kepada pers di Jakarta.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya PT Berdikari mendukung pemerintah menyediakan daging sapi dengan harga terjangkau oleh konsumen di Jakarta dan sekitarnya. Sementara para peternak di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dapat menjual ternak sapinya dengan harga yang layak di tingkat peternak.

"Sementara PT Berdikari memotong rantai pasok dengan cara membeli sapi langsung kepada para peternak di NTT dan NTB. Dampaknya positif bagi konsumen karena harga jual daging sapi menjadi lebih terjangkau," kata Amran Sulaiman.

Mentan memastikan proses pemotongan sapi di rumah potong milik PT Berdikari dilakukan sesuai standar internasional yang dikontrol oleh veteriner, dengan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga daging sapi yang dihasilkan memiliki keunggulan dan kualitas yang baik.

Tersedia 4 Ton Dibatasi 2 Kg
PT Berdikari (Persero) menyediakan empat ton daging sapi yang dijual seharga Rp85.000 per kg, namun konsumen di pasar daging murah di Jl Sunda, Jakarta Pusat dibatasi membeli dua kilogram.

"Daging sapi yang kami jual bisa lebih murah karena bukan dari sapi impor tapi dari Kupang yang diangkut dengan kapal ternak KM Cemara Nusantara I," kata Direktur Utama PT Berdikari, Librato El Arif kepada pers.

Harga bobot hidup sapi di NTT yang dikirim ke Jakarta adalah Rp30.000 per kg bobot hidup. Pembelian ternak dari NTT ke DKI Jakarta dilakukan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) yang diwakili oleh Depot Logistik (Dolog). Ternak selanjutnya akan dikirim ke kandang ternak lokal di Desa Gandasari Kecamatan Cikarang Barat, Bekasi Jawa Barat milik Perum Bulog. Pemulihan ternak akan dilakukan selama dua hari di kandang penampungan Dolog, dan untuk selanjutnya sapi dapat dimanfaatkan oleh pembeli sebagai sapi bakalan dan siap potong.

Konsumen pun menyambut gembira perdagangan daging sapi murah seperti dikemukakan oleh Wiwit Winarto, 36, yang datang ke lokasi untuk berolahraga pagi.

"Semula niatnya jogging dan aerobik di sini, eh kebetulan ada daging sapi murah ya sudah sekalian belanja. Mumpung murah daripada beli ke pasar yang harganya lebih mahal, di atas Rp100 ribu per kg," kata Wiwit yang kerap mengikuti kegiatan Car Free Day bersama keluarganya.

Sumber : http://berita2bahasa.com/berita/01/2359212-kapal-ternak-terbukti-mumpuni-berdikari-pasarkan-daging-sapi-rp85-ribu-per-kg

Berita Lainnya