Mentan Klaim Telah Potong Rantai Pasokan Daging

Update Tanggal : 22 February 2016 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim telah memutus rantai pasokan daging atau supply chain sebanyak empat rantai untuk penjualan daging di pasar. Pemutusan rantai ini dilakukan sebagai upaya menekan disparitas harga dari produsen ke konsumen.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan telah memotong rantai pasok dari delapan rantai menjadi empat rantai. Perubahan harga pun, menurutnya, sudah bisa dinikmati di masyarakat.

"Dulu daging rantai daging rantai delapan, tinggal empat. Dari petani, pengepul, pengusaha Jakarta melalui Bedikari, lalu konsumen. Ini empat sudah hilang," jelas Amran saat ditemui di Operasi Pasar, Jalan Sunda, Sebelah Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2016).

Amran menyebutkan, meskipun tidak bisa merubah disparitas itu secara cepat, dirinya janji akan memperkecil disparitas tersebut.

"Tidak bisa ekstrem. Semua seperti jagung, beras, kedelai, polanya sama. Struktur pasar yang harus kita ubah," jelas dia.

Amran Sulaiman menegaskan selama ini disparitas harga membuat harga tinggi. Hal ini yang akan diatasi oleh pemerintah.

"Disparitas Harga tinggi karena supply chain panjang. Hal ini karena orang mempermainkan semua komoditas seperti jagung, daging, beras," pungkas dia.

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Mentan Luncurkan Program BEKERJA di Jawa Timur
23/05/2018
news

Jember, 23 Mei 2018 - Badan Pusat Statistik (BPS) merulis data total penduduk miskin Indonesia di desa tahun  2017 mencapai 16,31 juta orang. Angka ini turun dibanding tahun….

Tidak Ingin Petani Miskin, Mentan BEKERJA
23/05/2018
news

Bondowoso, 22 Mei 2018 - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus bekerja guna mengentaskan kemiskinan. Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) kali ini….

Kementan Dukung Pupuk Indonesia Revitalisasi Pabrik dan Tambah Pasokan NPK 2,4 Juta Ton

Pengelolaan Irigasi dan Drainase Mendukung Ketahanan Pangan

Sektor Perkebunan Mampu Tampil Sebagai Penghasil Devisa Negara

Kementan : Pemerintah Remajakan Sawit Rakyat

ISO SMAP, Karantina Denpasar Anti Suap!

Regulator Karantina Dunia Berbagi Pengalaman di Bali

Revitalisasi Serapan Gabah Petani untuk Memperkuat Cadangan Beras Pemerintah