Mentan Klaim Telah Potong Rantai Pasokan Daging

Update Tanggal : 22 February 2016 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim telah memutus rantai pasokan daging atau supply chain sebanyak empat rantai untuk penjualan daging di pasar. Pemutusan rantai ini dilakukan sebagai upaya menekan disparitas harga dari produsen ke konsumen.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan telah memotong rantai pasok dari delapan rantai menjadi empat rantai. Perubahan harga pun, menurutnya, sudah bisa dinikmati di masyarakat.

"Dulu daging rantai daging rantai delapan, tinggal empat. Dari petani, pengepul, pengusaha Jakarta melalui Bedikari, lalu konsumen. Ini empat sudah hilang," jelas Amran saat ditemui di Operasi Pasar, Jalan Sunda, Sebelah Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2016).

Amran menyebutkan, meskipun tidak bisa merubah disparitas itu secara cepat, dirinya janji akan memperkecil disparitas tersebut.

"Tidak bisa ekstrem. Semua seperti jagung, beras, kedelai, polanya sama. Struktur pasar yang harus kita ubah," jelas dia.

Amran Sulaiman menegaskan selama ini disparitas harga membuat harga tinggi. Hal ini yang akan diatasi oleh pemerintah.

"Disparitas Harga tinggi karena supply chain panjang. Hal ini karena orang mempermainkan semua komoditas seperti jagung, daging, beras," pungkas dia.

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik 2017
23/11/2017
news

Palembang, (22/11) - Dalam rangka meningkatkan integrasi dan koordinasi Kementerian/Lembaga di pusat dengan Pemda provinsi dan kabupaten/kota dalam pembangunan dan pengembangan….

Dirjen PKH Tegaskan Ekspor Produk Peternakan Indonesia Siap Tembus Pasar MEA
22/11/2017
news

Malaysia,- Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), I Ketut Diarmita menegaskan ekspor produk peternakan Indonesia dipastikan….

Dilaut Berjaya di Darat Sejahtera, Pekan Poros Maritim Berbasis Rempah Resmi Dibuka

Panen Padi di Maros, Mentan Paparkan Rumus Solusi Pertanian

Jaga Produksi Cabai dan Bawang Merah, Inovasi Petani Purbalingga Bisa Ditiru

Kalsel Siap Wujudkan Nawa Cita Sektor Pertanian

Kementan Programkan Pertanian Perkotaan

Luar Biasa, Panen di Lebak 100 Ha

Kucurkan Bantuan untuk Petani Barito Utara, 100 M dan Fokus Tanam Jagung