Festival Bunga dan Buah Bertaraf Internasional Akan Digelar November 2016

Update Tanggal : 10 May 2016 , ASI

news

Jakarta, BetaEnews.com – Tahun ini atau tepatnya tanggal 17 – 20 November 2016, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) berencana menggelar festival bunga dan buah bertaraf internasional yang akan dilangusngkan di Bogor. Inisiator kegiatan ini nantinya adalah Rekor IPB, Herry Suhardiyanto.

“Buah dan bunga akan dikembangkan pada 100.000 hektar di seluruh Indoneisa dalam program revolusi oranye ini, bahkan akan dikembangkan di 400.000 hektar. Kalau ini bisa dicapai, petani di seluruh Indonesia mendapat keuntungan tambahan sekitar Rp 120 triliun,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat peluncuran festival itu di gedung Kementan, Senin (9/5/2016).

Menurut Mentan Amran, festival terbesar sepanjang sejarah tersebut akan disupport sepenuhnya oleh Kementan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Parawisata, dan juga Kementerian BUMN. Enam PT Perkebunan Nusantara yang ada di seluruh Indonesia juga dilibatkan bahu-membahu mensukseskan program itu.

Amran berharap, dengan dilangsungkannnya pengembangan buah dan bunga di seluruh Indonesia nantinya, maka ekspor buah dan bunga bisa meningkat pada tahun-tahun yang akan datang. Sebab, tahun ini saja ekspor naik 34 persen, sementara impor turun 13,4 persen.

“Ini harus kita kejar. Setelah pangan lalu buah dan bunga, yang selanjutnya komoditas strategis lainnya kita angkat termasuk kakao, pala, karet, dan juga CPO,” terang Amran.

Adapun Herry Suhardiyanto menjelaskan tujuan festival itu di antaranya meningkatkan jumlah dan kapasitas produsen dan eksportir dalam memproduksi dan memasarkan buah dan bunga Nusantara berkualitas ekspor. Kemudian membantu meningkatkan kesadaran akan standar kualitas ekspor dan kebutuhan pasar bagi para produsen dan eksportir buah dan bunga Nusantara.

“Juga untuk meningkatkan kualitas, jumlah, konsistensi dan kesinambungan dari produk buah dan bunga Nusantara yang berkualitas ekspor, serta untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman buah dan bunga Nusantara dan potensinya ke pasar global,” papar Rektor IPB itu.

Oleh karena itu, Rektor IPB menyampaikan terimakasih kepada Mentan Amran atas support, menyediakan fasilitasi anggaran dan berbagai hal yang diperlukan agar festival itu dapat berlangsung dengan baik.

“Revolusi oranye adalah gagasan yang dikembangkan oleh IPB yang berawal dari keprihatinan karena kita selalu saja impor buah, padahal lahan kita luar biasa luasnya. Petani selama ini menanam buah secara tersebar, sehingga kita sangat sulit untuk melakukan penetrasi pasar dalam negeri apalagi ekspor karena kualitasnya tidak konsisten. Karena itulah diusulkan pengembangan buah skala perkebunan kecil, menengah dan besar,” ujar Herry Suhardiyanto.

Direncanakan pula Presiden RI akan memberikan Piala Presiden bagi pemenang kontes buah Nusantara dan Piala Ibu Negara bagi pemenang kontes dekorasi ruang buah dan bunga Nusantara. Juga acara itu akan dihadiri 10.000 pengunjung dari dalam negeri. BetaE1


sumber : http://www.betaenews.com/Berita/PERTANIAN/Holtikultura/Festival-Bunga-dan-Buah-Bertaraf-Internasional-Akan-Digelar-November-2016.html

Berita Lainnya