Mentan Subsidi Benih Padi Hibrida untuk 5 Juta Hektar Sawah

Update Tanggal : 28 October 2016 , ASI

news

Ngawi - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berjanji akan memberikan bantuan benih padi hibrida sembada untuk 5 juta hektar sawah kepada petani.

Demikian disampaikan Menteri Amran usai melakukan panen raya padi jenis hibrida sembada di Desa Ngompro, Kecamatan Pangkur, Ngawi, Kamis (26/10/2016).

Selain benih padi gratis, pemerintah melalui Menteri Pertanian juga akan memberi bantuan subsidi benih padi hibrida minimal 1 juta hektar dan maksimal 4 juta hektar sawah.

"Ini untuk seluruh Indonesia. Karena lima juta hektar. Ini benih hidup. Saya berharap tidak boleh beli benih sembarangan," tegas Andi Arman Sulaiman kepada media, Kamis (27/10/2016).

Diharapkan dengan menanam padi dari jenis hibrida sembada ini, panen petani bisa mencapai minimal 8 ton per hektar.

"Kita kejar standar nasional yang hanya panen sekitar 3 ton per hektar. Maka dengan benih jenis hibrida ini kita bisa panen minimal 8 ton per hektar," kata Andi lagi.

Ditegaskan Andi, salah satu upaya untuk meningkatkan swasembada pangan, pemerintah akan membuka lahan baru di semua perbatasan negara di 44 kabupaten di seluruh Indonesia. Ini dilakukan untuk mempermudah ekspor beras ke negara tetangga.

Jika selama ini negara lain mengekspor beras ke Indonesia memakan waktu beberapa hari, maka diharapkan dengan membuka lahan di daerah perbatasan, maka Indonesia bisa mengekspor beras ke negara tetangga dalam sekejap saja.

"Ya kita ekspor beras cukup dilempar saja sudah sampai," canda dia.(dna/dna)

 Sumber: http://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/3330994/mentan-subsidi-benih-padi-hibrida-untuk-5-juta-hektar-sawah

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Mentan Berikan Penghargaan kepada 15 Teladan dan Berprestasi
16/08/2017
news

Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) tahun ini kembali memberikan penghargaan kepada petani, kelembagaan ekonomi petani, penyuluh pertanian dan Balai….

Pemerintah Bangun Pertanian di Perbatasan Sebagai Beranda Negara
14/08/2017
news

Jakarta (14/8). Pemerintah Jokowi – JK menetapkan pembangunan wilayah perbatasan sebagai salah satu agenda prioritas kebijakannya. Dalam nawacita pemerintah Jokowi - JK disebutkan….

Komoditas Pangan Indonesia Semakin Banyak Dilirik Negara Tetangga

Kementan Dorong Modernisasi Pertanian Untuk Tekan Biaya Produksi Pangan

Mentan : Orang Besar Harus Bermimpi Besar

Karantina Soetta: Dalam Sehari Dua Penyelundupan Digagalkan

Riau Provinsi Sagu, Sagu Riau Menyapa Dunia

Swasembada Daging Sapi Melalui Optimalisasi Pendistribusian Sapi Nasional

Revitalisasi Kelembagaan Untuk Petani