Promosi Pertanian Menuju Swasembada Pangan Dunia

Update Tanggal : 02 April 2017 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Pameran Agrinex merupakan kegiatan yang menyatukan berbagai kekuatan  antara unsur akademisi (IPB), pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat dalam mendorong agribisnis Indonesia.

Pameran 11th Agrinex Expo 2017 mengangkat tema "Food For All Seasons" potensi agribisnis di Indonesia, dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2017 sampai dengan 2 April 2017 berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Pameran ini dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto selaku Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB). Dalam sambutannya dikatakan bahwa untuk melakukan optimasi harus dilakukan dengan pola pendekatan serta tetap konsisten dalam bekerja untuk jangka panjang demi mempertahankan produk Indonesia.  Salah satu pesan dalam sambutannya adalah "kalau belum bisa maju jangan mundur, bertahanlah".

Kementerian Pertanian turut hadir dan berpartisipasi dalam pameran 11th Agrinex Expo 2017 dengan tujuan mendukung, mempromosikan dan mengembangkan inovasi serta menyebarluaskan informasi terkait program yang sudah, sedang maupun yang akan dilaksanakan. Program-program tersebut antara lain  Upaya Khusus (UPSUS) padi, jagung dan kedelai, bawang merah dan cabe serta program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB), untuk mewujudkan swasembada pangan dan menjadi lumbung pangan dunia. Selain itu, berbagai informasi lain ditampilkan di stand Kementerian Pertanian, baik dalam bentuk infografis maupun videografis. Pada kesempatan ini, stand Kementerian Pertanian membagikan souvenir informatif berupa buku, brosur dan leaflet serta benih tanaman sayuran secara gratis kepada pengunjung pameran serta menyediakan e-survey untuk mengetahui tingkat kepuasan para pengunjung.

Sebanyak 85 peserta yang berpartisipasi dalam pameran 11th Agrinex Expo 2017 terdiri dari Instansi Kementerian dan Lembaga, Dinas Provinsi, Pihak Perbankan, Perusahaan Swasta serta Perguruan Tinggi. Adapun Eselon 1 - Kementerian Pertanian yang ikut berpartisipasi dalam pameran 11th Agrinex Expo 2017 adalah Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan,  Direktorat Jenderal Hortikultura, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Badan Karantina serta Badan Ketahanan Pangan.

Pada Pameran Agrinex 2017 ini antara lain menampilkan komoditas unggulan seperti jagung, teh, kopi, kakao, produk olahan hasil perkebunan dan pertanian serta teknologi Urban Farming yang sangat cocok diterapkan dilahan perkotaan, serta komoditas lainnya yang didukung oleh 20 media partner.

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia
19/10/2017
news

Pontianak (19/10) - "Wilayah perbatasan merupakan bagian integral dan menjadi beranda terdepan.  Kawasan ini berperan penting dan strategis dari perspektif  Negara….

Diversifikasi Pangan untuk Perbaiki Konsumsi Pangan Masyarakat
18/10/2017
news

Kuburaya (18/10) - Dalam rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia XXXVII, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang….

Peremajaan Kelapa Sawit Untuk Tingkatkan Pendapatan Petani dan Kemajuan Sawit Indonesia

Generasi Muda Harus Didorong Masuk Sektor Pertanian

Pertanian Leading Sektor Pembangunan Berkelanjutan

Mentan Amran Lepas Bawang Merah ke Vietnam dari Enrekang

Kementan Siap Melatih Petani Berpola Pikir Industri

Ekspor Perdana, Karantina Jamin 30 Ton Bawang Merah Tujuan RDTL

Kementan Kawal Kegiatan Perluasan Areal Tanam Kedelai Melalui Dana APBNP 2017