2017, Pemerintah Target Bangun 30 ribu Embung Untuk Mengairi Lahan 2 juta Ha

Update Tanggal : 18 May 2017 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman didampingi Kepala Badan Litbang Pertanian, Muhammad Syakir menggelar Rapat Koordinasi Implementasi Embung dan Bangunan Air di Kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Bogor, Rabu (17/5/2017). Hadir pada rapat tersebut Dirut PT Pertani, Wahyu, Direktur Produksi PT SHS, Gigih Dwikoranto, perwakilan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal.

Mentan, Amran menegaskan di tahun 2017 pemerintah menargetkan akan membangun minimal 10 ribu embung dari total 30 ribu embung di seluruh Indonesia dengan jangkauan 1,5 juta ha hingga 2 juta ha. Alokasi anggaran yang disiapkan untuk pembangunan embung tersebut mencapai Rp 22 triliun. 

“kami sangat senang ada kemajuan kerja tim pembangunan embung. Ternyata persiapan yang sudah dikerjakan, embung yang akan dibangun bisa mengairi 1,5 juta hektar. Tapi kami minta mengairi sampai 2 juta ha lahan di seluruh Indonesia,” tegas Amran. 

Amran mengungkapkan Adanya embung tersebut dapat meningkatkan produksi pangan. Sebab menurutnya, keberadaan embung akan menampung air yang berlebih saat musim hujan untuk digunakan saat musim kemarau atau kekeringan. 

“Manfaat keberaadaan embung sangat banyak, di antaranya menghasilkan air. Ada air berarti ada kehidupan. Tanaman pangan, sayur-sayuran, ternak dan mikroba akan tumbuh, sehingga seperti stok cabai dan bawang tidak lagi berfluktuasi,” ucapnya.

Terkait bawang putih, Amran menjelaskan untuk mencapai swasembada, Indonesia hanya butuh 60 ribu ha. Jika dibandingkan komoditas padi, Indonesia membutuhkan 15 juta ha. Kemudian untuk swasembada jagung membutuhkan 7 juta ha, sehingga totalnya mencapai 22 juta ha. 

“Ini baru 2  komoditas. Tapi kalau bawang putih hanya 60 ribu hektar kita sudah swasembada. Dalam waktu tiga tahun bisa diwujudkan,” demikian pungkas Amran.

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Setelah 10 Tahun, Kementan Raih WTP dari BPK
24/05/2017
news

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). WTP tersebut baru pertama kali diraih Kementan sejak 2006.

….

Kementan Bersinergi Dengan Kemendes PDT dan Kemen BUMN Wujudkan Swasembada Bawang Putih
24/05/2017
news

Sembalun, NTB (24/5) - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman bersama dengan Menteri BUMN, Rini Somarno, Menteri Desa dan PDT, Eko Putro Sandjojo, serta Wakil Gubernur NTB dan Wakil….

Gertam Padi Untuk Peningkatkan Produksi Mendukung Swasembada Pangan

Keterbukaan Informasi Publik untuk Penyelenggaraan Pemerintah yang Bersih dan Terbuka

Komoditas Perkebunan Kembali Bergairah

BPKP Konsisten Mengawal Keuangan Desa

Upaya Peningkatan Pengelolaan Informasi Publik Lingkup Kementerian Pertanian

Optimalisasi Pengelolaan DIP untuk Penderasan Informasi Bidang Pertanian

2017, Pemerintah Target Bangun 30 ribu Embung Untuk Mengairi Lahan 2 juta Ha