Keterbukaan Informasi Publik untuk Penyelenggaraan Pemerintah yang Bersih dan Terbuka

Update Tanggal : 19 May 2017 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Bogor - PPID memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam mendukung terwujudnya Keterbukaan Informasi Publik. Dalam penjelasannya, Komisioner Komisi Informasi Pusat, Henny S. Widyaningsih mengatakan
"PPID di lingkup Kementan menggambarkan strategisnya peran Kementan di tengah masyarakat." "Untuk itu, PPID Pelaksana sebagai ujung tombak informasi harus saling sinergi untuk mendukung PPID Utama Kementan".

Pada Rakor PPID yang bertema "Optimalisasi Pengelolaan Daftar Informasi Publik (DIP) untuk Penderasan Informasi Bidang Pertanian" ini, Henny kembali berpesan, "PPID harus memahami informasi apa yang menjadi tugas fungsinya dan menyediakan informasi proaktif yang harus ada di website dan informasi pasif yang wajib tersedia setiap saat".

Saat ini telah terbit Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 yang menjelaskan bahwa petugas pajak berwenang menperoleh akses informasi perpajakan dari lembaga jasa keuangan. Informasi yang dapat diakses adalah laporan informasi keuangan seperti identitas pemegang rekening tabungan, nomor rekening keuangan, identitas lembaga jasa keuangan, saldo atau nilai rekening keuangan dan penghasilan yang terkait dengan rekening keuangan. Adanya Perppu tersebut, memiliki konsekuensi "PPID harus bersiap diri bahwa sebelumnya informasi keuangan pribadi merupakan informasi yang dikecualikan menurut UU KIP kini dapat diakses" Henny menambahkan.

Rakor PPID juga menyajikan informasi terkini mengenai: I
1. IndoAgroPedia (http://indoagropedia.pertanian.go.id/), yang merupakan aplikasi yang memuat informasi istilah-istilah pertanian Indonesia yang dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi terkait teknis budidaya, program dan kebijakan pertanian Indonesia.
2. Portal Layanan Publik Kementerian Pertanian (http://satulayanan.pertanian.go.id/)
3. Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2017, jadwal kegiatan adalah sebagai berikut: 1. Penilaian komitmen PPID (Februari s.d. September 2017), 2. Kuesioner Penilaian Mandiri (Juni s.d. Juli 2017), 3. Penilaian melalui visitasi (Juli s.d. September 2017), dan Pengumuman Peringkat 5 Terbaik dan 5 Terbawah pada Upacara HUT Korpri (29 Nopember 2017).

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Setelah 10 Tahun, Kementan Raih WTP dari BPK
24/05/2017
news

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). WTP tersebut baru pertama kali diraih Kementan sejak 2006.

….

Kementan Bersinergi Dengan Kemendes PDT dan Kemen BUMN Wujudkan Swasembada Bawang Putih
24/05/2017
news

Sembalun, NTB (24/5) - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman bersama dengan Menteri BUMN, Rini Somarno, Menteri Desa dan PDT, Eko Putro Sandjojo, serta Wakil Gubernur NTB dan Wakil….

Gertam Padi Untuk Peningkatkan Produksi Mendukung Swasembada Pangan

Keterbukaan Informasi Publik untuk Penyelenggaraan Pemerintah yang Bersih dan Terbuka

Komoditas Perkebunan Kembali Bergairah

BPKP Konsisten Mengawal Keuangan Desa

Upaya Peningkatan Pengelolaan Informasi Publik Lingkup Kementerian Pertanian

Optimalisasi Pengelolaan DIP untuk Penderasan Informasi Bidang Pertanian

2017, Pemerintah Target Bangun 30 ribu Embung Untuk Mengairi Lahan 2 juta Ha