Di Tengah Perjalanan Kunker ke Bangkalan,Mentan Tiba Tiba Berhenti Saat Lihat Tenda Besar

Update Tanggal : 07 June 2017 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Sampang - Menteri Pertanian Amran Sulaiman tiba-tiba berhenti di tengah jalan dalam kunjungan kerjanya dari Sumenep menuju Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (6/6/2017) siang.

Amran terkejut dan langsung mendatangi sebuah tenda besar bertuliskan lahan tambah tanam. Perhentian yang tak ada dalam daftar kunker-nya.

Ditengah jalan antara Sumenep menuju Sampang, tepatnya di desa Jrengik, kontan saja perhentiannya membuat beberapa orang yang sedang melakukan rapat terkejut.

"Saya kok melihat ada yang kurang ini," katanya kepada Plt Bupati Sampang, Fadhil Budiono.

Pandangan mata Amran langsung tertuju ke lahan sawah yang mulai mengering. Dia pun menanyakan kondisi lahan tambah tanam tersebut.

"Ini tadah hujan sawahnya pak Menteri," kata Fadhil dan membuat Amran langsung geleng-geleng.

"Ada sungai di sini? Jaraknya jauh tidak?," ucap Amran langsung dijawab dengan lugas oleh Fadhil, "Ada 200 meter pak.”

Respons cepat langsung ditunjukkan Menteri asal Sulawesi Selatan  tersebut dan seketika memanggil anak buahnya. Amran meminta agar Kementan mengirimkan 10 pompa air untuk menyedot air sungai menuju persawahan.

"Kalau tunggu hujan sekali setahun. Ini sumber air dekat, nanti sebelum subuh saya minta  pompa airnya sudah datang ke sini,” tegas Amran.

Menurut Amran, dengan adanya pompa air maka air sungai bosa langsung dibawa ke sawah tadah hujan tersebut.

"Jangan cuma sekali panen, nanti kalau ada pompa air bisa dialiri sawah ini, jadi bisa panen sampai tiga kali setahun, kami bantu pak Bupati," ujarnya.

Amran menegaskan, langkah yang dilakukannya merupakan pesan langsung dari Presiden untuk hadir di tengah masyarakat Indonesia, apalagi saat membutuhkan.

"Saya tidak mau janji, ini sesuai pesan bapak Presiden, saya langsung realisasikan kebutuhan akan pompa air ini," tandasnya.

Sontak warga dan pejabat Pemkab Sampang bersorak dan bertepuk tangan dengan respon cepat Amran tersebut. Mereka percaya dan yakin komitmen untuk Indonesia Swasembada Pangan diwujudkan benar-benar oleh pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia
19/10/2017
news

Pontianak (19/10) - "Wilayah perbatasan merupakan bagian integral dan menjadi beranda terdepan.  Kawasan ini berperan penting dan strategis dari perspektif  Negara….

Diversifikasi Pangan untuk Perbaiki Konsumsi Pangan Masyarakat
18/10/2017
news

Kuburaya (18/10) - Dalam rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia XXXVII, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang….

Peremajaan Kelapa Sawit Untuk Tingkatkan Pendapatan Petani dan Kemajuan Sawit Indonesia

Generasi Muda Harus Didorong Masuk Sektor Pertanian

Pertanian Leading Sektor Pembangunan Berkelanjutan

Mentan Amran Lepas Bawang Merah ke Vietnam dari Enrekang

Kementan Siap Melatih Petani Berpola Pikir Industri

Ekspor Perdana, Karantina Jamin 30 Ton Bawang Merah Tujuan RDTL

Kementan Kawal Kegiatan Perluasan Areal Tanam Kedelai Melalui Dana APBNP 2017