Latar Belakang
Diposting tanggal: 13 November 2013

Dalam rangka memenuhi salah satu dari sembilan langkah amanat Reformasi Birokrasi menuju penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan dan akuntabel, dikembangkan sistem elektronik pemerintah (e-goverment) yang didalamnya termasukmengembangkan sistem e-office,e-planning, e-budgetting, e-Procurement, e-Performance dan e-audit.

Dalam rangka mendukung sistem e-goverment ini, telah dibangun sistem e-planning yang didalamnya memuatberbagai informasi mengenai peraturan yang terkait, e-proposal, Musrenbang, Renja, RKA-KL, sertapedoman, dan informasi berkaitan dengan proses perencanaan dan penganggaran. 

Selanjutnya dalam rangka menghimpun dan menganalisis proposal pengusulan kegiatan dari  SKPD  Kabupaten/Kota, Provinsi dan UPT Pusat yang selama ini diusulkan dalam bentuk hardcopy dengan format yang beragam serta lebih banyak merupakandaftar keinginan dan belum merupakan kebutuhan dari daerah yang didukung olehdata base  daerah sehingga proposal daridaerah akan sulit untuk dianalisis. Untuk itu, diperlukan suatu sistem e-proposal untukmeningkatkan kualitas, efisiensi dan efektivitas perencanaan.  

 

Sistem e-planning yang didalamnya memuatberbagai informasi mengenai  peraturan terkait e-proposal, Musrenbang, Renja, RKA-KL,  pedoman dan informasi berkaitan dengan proses perencanaan dan penganggaran.