Mentan Genjot Produksi Padi Lahan Kering di Padang Lawas


Padang Lawas - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, didampingi Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend  Lodewik Pusung dan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Agung Hendriadi meninjau lokasi Perluasan Areal Tanam (PAT) Padi Lahan Kering di Desa Ampolu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas, guna melakukan melakukan panen raya, tanam, dan olah tanah untuk ditanami padi Gogo serta memberi bantuan kepada para petani, Kamis (11/02).

Dalam sambutannnya Mentan menyampaikan bahwa di tahun 2016, Kementan memberikan bantuan yang cukup besar dibandingkan dengan bantuan di tahun 2015 kepada Kabupaten Padang Lawas.

Bantuan di tahun 2016 terdiri atas hand traktor sebanyak 28 unit, traktor roda empat sebanyak 2 unit, pompa air sebanyak 12 unit. "Tahun 2015, bantuan hand traktor hanya 12 unit, transplanter 1 unit, traktor roda empat hanya 3 unit," papar Mentan.

Untuk menggenjot produksi padi di lahan kering dan tanah hujan daerah Padang Lawas, Kementan pun memberikan bantuan benih untuk lahan seluas 12 ribu ha.

Benih bantuan tersebut terdiri dari varietas Batu Tegi, Inpago 4, Inpago 5, Inpago 7, Inpago 8, dan Inpago 9. Kelas benihnya yang digunakan adalah Breeder Seed (BS) yang merupakan benih sumber dengan produktivitasnya 8 ton per ha.

"Kami juga beri gratis benih unggul 12 ribu hektar untuk ditanam di semua lahan pertanian Padang Lawas. Untuk itu, petani, saya minta jangan lagi tanam benih yang sebelumnya yang hanya menghasilkan padi 2 ton per hektar. Kita harus kerja keras untuk tingkatkan produksi padi," pesan Mentan kepada para petani.

Padi yang dipanen adalah jenis padi Gogo dengan luas lahan 300 ha, total seluruh hamparan kurang lebih 3.000 ha dan potensi lahan padi gogo mencapai 20.000 ha.

Pada kesempatan tersebut Mentan menuturkan telah berkoordinasi dengan jajaran direksi PTPN IV dan Menteri BUMN, agar PTPN IV dapat bersinergi dengan masyarakat petani yakni agar lahan perkebunan sawit PTPN IV dapat ditanami padi oleh petani.

"Kami minta para pengusaha sawit baik itu PTPN IV maupun swasta, bersinergi dengan petani. Kami sudah telepon direksi dan menteri BUMN  langsung agar lahan PTPN IV bisa ditanami padi oleh petani," jelas Mentan.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap, Plt. Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Utara, Aspan Sofian, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas, Abdullah Nasution.




Berita Lainnya