Gangguan Cuaca Tak Hambat Kerja Mentan ke Deli Serdang


Deli Serdang -- Menteri Pertanian, Amran Sulaiman didampingi Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend TNI Lodewik, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Agung Hendriadi, Staf Ahli Menteri Pertanian Prof. Dr. Radiyan meninjau lokasi Panen, Olah Tanah dan Tanam Padi menggunakan alsintan di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara, Kamis sore (11/02).
Di tengah cuaca yang kurang baik, Mentan bersikukuh temui petani di Desa Tanjung Rejo, setelah dikunjungan siang tadi Mentan mengunjungi Padang Lawas untuk melakukan kegiatan panen dan tanam padi.
Pada sambutannya kali ini, Mentan menegaskan kecintaannya kepada petani kecil, cuaca bukan menjadi halangan. "Tadi memang heli yang kami tumpangi sempat 3 kali gagal mendarat di tempat lokasi panen dan akhirnya mendarat di Polonia, tapi saya bertekad tetap akan datang ke lokasi walau malam hari", ujarnya
Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Mentan dan rombongan meninjau areal panen dan olah tanam sekaligus melakukan memberikan bantuan alsintan termasuk 22 unit traktor roda dua, 4 unit mesin olah tanah, rice transplanter dan combine harvester, dilanjutkan melakukan dialog dengan petani. 
Dalam dialog yang dilakukan dengan petani, Mentan menyampaikan harga gabah di tingkat petani sebesar Rp.3800/kg dan diharapkan jangan sampai jatuh. Untuk tetap menjaga harga tetap stabil Mentan meminta kepad Bulog agar selalu hadir di tengah petani.
Selanjutnya Mentan mengharapkan agar alsintan yang telah dibagikan agar dapat segera dimanfaatkan oleh petani untuk meningkatkan produktivitas lahan usahataninya.
Luas lahan yang akan dipanen sebesar 650 ha dari luas total semua hamparan sebesar 30 ribu ha di Kabupaten Deli Serdang.
Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan, dalam kesempatan tersebut menuturkan, Deli Serdang sebagai daerah surplus beras di Sumatera Utara berupaya untuk terus meningkatkan produksi pertanian dengan percepatan luas tanam di 22 kecamatan di Kabupaten Deli Serdang. 
Lebih lanjut, Bupati menjelaskan produktivitas hasil panen ubinan yang dilakukan di Deli Serdang mencapai rata-rata 8,46 ton/ha. Melalui penggunaan alsintan ke depan, produktivitas rata-rata dan efisiensi input produksi dapat meningkat dan berimplikasi terhadap meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan petani.
Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Plt. Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Utara, Aspan Sofian, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang Ir. Syamsul Bahri, Kadivre Bulog Fatah Yasin dan unsur Muspida setempat.




Berita Lainnya