Hari Priyono: Semangat Kemerdekaan Inspirator Capai Kedaulatan Pangan


Jakarta (B2B) - Semangat kemerdekaan harus menjadi inspirasi bagi sektor pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan meningkatkan daya saing karena tantangan ke depan semakin berat.

"Seluruh jajaran Kementerian Pertanian harus mengambil hikmah dari perjuangan para pahlawan kemerdekaan dan kita harus sukses mendukung ketersediaan pangan dan mengantisipasi gejolak harga," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Hari Priyono di Jakarta, Rabu (17/8) pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Hari Priyono menambahkan sasaran pembangunan pertanian ke depan adalah terwujudnya kedaulatan pangan dimana seluruh kebutuhan pangan pokok dapat dipenuhi dari produksi dalam negeri.

"Namun hal itu tidak mudah dicapai, karena kita masih menghadapi berbagai tantangan seperti perubahan iklim, gejolak harga pangan global, peningkatan jumlah penduduk, distribusi pangan belum merata dan tingginya urbanisasi," katanya.

Sementara masalah yang harus dihadapi saat ini adalah alih fungsi dan fragmentasi lahan pertanian, rusaknya jaringan irigasi, makin berkurang dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian, masih tingginya susut hasil dan belum terpenuhinya kebutuhan pupuk dan benih sesuai rekomendasi spesifik lokasi.

Menurutnya, untuk menghadapi tantangan dan masalah tersebut maka Kementerian Pertanian RI pada 2015 - 2016 telah melakukan berbagai upaya yang meliputi aspek kebijakan, infrastruktur, on-farm dan pasca panen, dan pasar.



https://berita2bahasa.com/berita/01/213188-hari-priyono-semangat-kemerdekaan-inspirator-capai-kedaulatan-pangan




Berita Lainnya