Mentan : Orang Besar Harus Bermimpi Besar


Bandung - Di sela kesibukannya, Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, hadir untuk memberikan kuliah umum bagi 3.500 mahasiswa baru Telkom University di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada hari Selasa (8/8). "Yang menentukan anda menjadi orang sukses, mulai hari ini sebelum keluar dari ruangan ini, anda sudah harus menetapkan tujuan," demikian Mentan mengawali kuliah umumnya. "Orang besar harus bermimpi besar," lanjut Mentan.

Mentan memberikan motivasi  agar para mahasiswa yang tinggal di asrama, tinggalnya terpisah dari orang tua, untuk tetap bersemangat. Mereka adalah insan-insan yang berani hidup miskin, menderita dan berani ditekan. Mentan pun pernah mengalami kondisi serupa, saat dirinya menjadi mahasiswa. Tinggal terpisah dari orang tua, dengan uang kiriman yang terbatas, membuat dirinya berusaha untuk selalu "survive". Hal tersebut turut berkontribusi membentuknya menjadi pribadi pejuang tangguh, yang mengantarkannya menjadi Menteri.

Mentan memberi semangat pada para mahasiswa agar mempersiapkan diri sedini mungkin, untuk bisa meraih apapun yang diinginkan. Untuk bisa meraih IPK 4, misalnya, mereka harus belajar dengan giat, tegasnya. Selain itu, untuk meraih impian sebagai pengusaha, Mentan menekankan agar jangan suka meminta, menunggu, dan mengeluh. Tetapi mulailah kerja, kerja dan kerja.

Pada sesi tanya jawab dengan mahasiswa, Mentan menerangkan bahwa pangan merupakan komoditas strategis. Jika ketahanan pangan suatu negara rapuh, maka rapuh pula ketahanan negara tersebut. Untuk itu, pemerintah selalu berupaya keras mencapai swasembada pangan. Dalam hal menjaga stabilitas harga dan tata niaga pangan, Kementan bersinergi dengan instansi/lembaga terkait, membentuk Satgas Pangan, yang salah satu tugasnya adalah membasmi mafia pangan. Untuk itu Mentan menegaskan bahwa jangan sampai ada egoisme sektoral. Di akhir kuliah umum, kembali Mentan menyemangati para mahasiswa, agar mereka harus berhasil menjadi pemimpin masa depan.




Berita Lainnya