Toko Tani Indonesia (TTI) Buka Outlet di Pasar Induk Beras Cipinang


Jakarta (21/9) - Berdasarkan pemantauan yang di lakukan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian  setelah diberlakukan HET untuk beras premium dan medium, kedua jenis beras tersebut dijual dipasaran sesuai harga ketentuan pemerintah, bahkan untuk beras premium mengalami penurunan signifikan.

"Dari pemantauan yang kami lakukan ke pasar-pasar di wilayah Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi) harga beras yang dijual pedagang telah mengikuti harga acuan yang ditetapkan pemerintah," kata Kepala BKP Kementan,  Agung Hendriadi saat membuka TTI di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta Timur.

"Bahkan untuk beras premium di pasar-pasar modern telah mengalami penurunan 50 persen, karena sudah mengikuti peraturan pemerintah tentang HET Beras dan kita harapkan beras medium juga  akan turun secepatnya mengnyesuaikan HET tidak lebih dari Rp.9.450,-" tambah Agung.

Menurut Agung, tujuan dibukanya TTI di PIBC selain untuk mempengaruhi harga beras setelah diberlakukannya HET, juga melakukan penjualan langsung kepada masyarakat/konsumen akhir," tambah Agung, yang didampingi Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Iwantoro. Pembukaan TTI di PIBC  ini sangat strategis, karena itu nantinya TTI juga akan dibuka dipasar-pasar induk kota-kota besar.

"Kami akan mengajak Dinas Ketahanan Pangan di daerah, terutama kota-kota besar untuk membuka TTI di Pasar Induk setempat" jelas Agung.

Di kawasan PIBC ini TTI menjual harga beras medium Rp. 8.000,-/kg, sedangkan pedagang lainnya menjual dengan harga kisaran Rp.9.050/kg.

Begitu TTI resmi dibuka, masyarakat langsung melakukan pembelian, sehingga dalam waktu 30 menit, sudah terjual 864 kg beras medium yabg dijual di TTI.

"Karena beras yang dijual di TTI lebih murah dibanding pedagang lainnya, kami menjual langsung kepada konsumen akhir. Bukan kepada pedagang. Jadi wajar saja masyarakat berlomba-lomba beli beras TTI," tegas Agung.

Menurut Direktur Operasional PT. Pertani, Maryadi, pembukaan TTI di PIBC yang dilakukan bersama-sama BKP Kementan, merupakan bentuk aksi nyata setelah dilakukannya perjanjian kerja sama (MoU) beberapa waktu lalu. "Dalam waktu dekat, kami akan buka 100 outlet TTI dan nantinya akan dikembangkan di seluruh Indonesia," jelas nya.TTI di PIBC buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00. Setiap pembelian dibatasi hanya 10 kg/orang.Dalam acara ini juga hadir Direktur Operational Food Station PIBC, Frans Tambunan, Ketua DPD Perpadi Jakarta Nellys Soekadi.

 




Berita Lainnya