Peran SPI Dalam Mewujudkan Kementerian Pertanian Yang Bersih dan Berintegritas

Tidak lama lagi, Indonesia akan mengalami transisi pemerintahan dari Kabinet Indonesia Bersatu II menjadi kabinet yang dibentuk oleh Presiden terpilih, Bapak Joko Widodo. Proses transisi tersebut tentunya menimbulkan beberapa spekulasi di masyarakat luas terhadap struktur, jaringan dan pola kerja yang akan diterapkan oleh pemerintah baru mendatang untuk periode pembangunan 2015 - 2019.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, Satuan Pelaksana Pengendalian Intern (Satlak PI) di lingkungan Kementerian Pertanian diharapkan mampu bekerja lebih optimal, sesuai ketentuan yang berlaku dengan tetap memberikan dukungan secara utuh terhadap rencana program-program pembangunan pertanian/pangan yang ditetapkan oleh pemerintah berikutnya. Optimalisasi realisasi anggaran dan kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 2014 ini, tentunya harus menjadi satu kesatuan yang utuh dengan rencana program pembangunan pertanian periode 2015 – 2019.

Inspektorat Jenderal selaku institusi yang memiliki wewenang dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan intern di lingkungan Kementerian Pertanian, tentunya senantiasa melakukan upaya-upaya strategis guna mendorong dan mengawal program dan kegiatan unit eselon I agar berada pada track (jalur) yang benar, demi terwujudnya 4 Sukses Pembangunan Pertanian.

Atas dasar tersebut, Inspektorat Jenderal pada 23 – 25 September 2014, kembali mengadakan kegiatan ForumNasional SPIP 2014, yaitu kegiatan yang dinilai mampu memberikan pencerahan, mengingatkan kembali, membahas dan memberikan solusi bagi Satuan Pelaksana Pengendalian Intern (Satlak PI) lingkup Kementan, agar dalam melakukan tugas dan fungsinya mampu memberikan manfaat bagi entitas yang menjadi lingkup binaannya.

Pembinaan SPIP dan Forum Nasional SPIP yang sejak tahun 2009 silam hingga hari ini telah terlaksana sebanyak17 angkatan, yang diharapkan akan lahir personil – personil handal sebanyak 5.695 orang pegawai, siap untukmengendalikan dan menyukseskan program/  kegiatan padaunit kerja tempatnya bekerja, demi terjaganya good governance dan clean government di Kementan. Melalui kegiatan Gerakan SPIP, Inspektorat Jenderal telah berkomitmen untuk terus melakukan inovasi pada penyelenggaraan pola – pola pembinaan melalui pendekatan yang lebih bersifat preventif dan persuasif di bidang pengawasan




Berita Lainnya