Kementan: Indonesia Tidak Akan Kekurangan Pangan


Pembangunan pertanian dan ketahanan pangan saat ini dan masa mendatang banyak menghadapi berbagai permasalahan diantaranya perubahan iklim, pertambahan penduduk dan penurunan jumlah tenaga kerja di sektor pertanian. Tapi Kementerian Pertanian meyakini permasalahan tersebut bisa diatasi. Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah, teknologi maju, dan iklim yang lebih bersahabat.
 
"Saya optimis, Indonesia tidak akan kekurangan pangan. Beras kita banyak. Tinggal bagaimana kita mendistribusikan kepada masyarakat," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi pada Forum Diskusi Pangan Nasional 2018 "Future Open The Rice" di Botani Square Bogor, Sabtu (1/12) yang diselenggarakan oleh Pendidikan Vokasi Institut Pertanian Bogor. 
 
Saat ini pemerintah sudah menjalankan sejumlah program terobosan yang mendorong peningkatan produktivitas pangan. “Sepanjang tahun pangan kita aman. Indonesia ada 8 zona iklim yang tidak pernah sama. Tidak semua banjir dan tidak semua daerah kering. Setiap hari kita ada panen," tambah Agung. 
 
Sedangkan untuk mengatasi tenaga kerja petani yang semakin berkurang, menurut Agung, Kementan terus mendorong penerapan mekanisas pertanian.  Selain itu, Kementan juga telah mengubah Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian. Diharapkan langkah-langkah ini bisa menjawab kebutuhan SDM Pertanian ke depannya sekaligus menarik minat generasi muda terjun ke pertanian.
 
"Untuk menarik anak-anak muda ke pertanian, selain dengan modernisasi pertanian, pembangununan pertanian harus berorientasi kepada Industri Pertanaman, yang dikelola dari hulu sampai hilir, sehingga membuat petani tidak malas bekerja dan lebih bergengsi," ujar Agung.
 
Senada dengan Agung, Direktur Utama Bulog,  Budi Waseso, mengatakan bahwa Bulog terus dorong agar ketersediaan beras dalam kondisi aman. “Kami berusaha agar ketersediaan beras selalu tercukupi dari dalam negeri," ujar Budi Waseso.
 
Namun demikian, menurutnya, mestinya pemenuhan pangan bagi masyarakat tidak berorientasi hanya pada beras. disebut pria yang akrab disapa Buwas tersebut, ketahanan pangan Indonesia akan kuat, jika pangan tidak tergantung hanya pada beras.
 
"Sagu, ubi-ubian, jagung lainnya juga perlu dikembangkan," ujar Budi Waseso.
 
Pada acara yang sama, Ekonom Senior Rizal Ramli mengatakan Indonesia semestinya tidak hanya berkutat kepada masalah kecukupan pangan dan swasembada, tetapi sudah berpikir dengan ide-ide besar.
 
"Sebagai negara besar dan potensi sumberdaya alamnya sangat berlimpah, mestinya kita sudah berpikir bagaimana Indonesia sebagai Lumbung Pangan Asia pada sepuluh tahun mendatang," ujar Rizal.
 
Menurut Rizal Ramli, pemikiran tersebut sangat strategis, karena Indonesia berkelimpahan sinar matahari, hujan juga banyak dan  tenaga kerja tidak kurang. 
 
Hadir dalam acara ini selain para dekan, dan dosen, juga para mahasiswa IPB dan mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian dan beberapa media. Pada kesempatan ini, Guru Besar Faperta IPB, Dwi Andreas Santoso mengatakan untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia, masalah benih perlu ditingkatkan. 
 
"Dengan benih yang bermutu, akan meningkatkan produksi pangan, sehingga bisa menggairahkan petani, karena lebih menguntungkan," ujar Andreas. 
 
Biro Humas dan Informasi Publik
Kementerian Pertanian



Berita Lainnya