Hadiri Kick Off Food Estate Sumatera Selatan, Mentan SYL : Pangan Dari Sumsel Untuk Indonesia


 

Ogan Ilir- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meresmikan Kick Off Food Estate Sumatera Selatan di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (28/5).
 
Pada peresmian tersebut, Mentan SYL didampingi oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru, Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh, para Bupati se-Sumsel, pelaku usaha dan juga Squad Tani Food Estate.
 
Food Estate menurut Mentan SYL merupakan program extraordinary. Pasalnya, mulai dari pemilihan benih, budidaya, panen, dan pasca panen dilakukan melalui pendampingan dan pengawasan yang melibatkan banyak pihak.
 
"Food Estate adalah jawaban untuk menyediakan pangan bagi 273 juta jiwa penduduk Indonesia. Stabilitas negara dipengaruhi oleh stabilitas pangan suatu daerah. Dan apa yang akan dilakukan oleh Pak Gubernur hari ini bersama jajarannya adalah upaya untuk mewujudkan hal itu. Bukan hanya bagi warga Sumsel, tapi untuk Indonesia," katanya.
 
Food Estate menjadi program strategis nasional merupakan konsep pengembangan sentra produksi kawasan pangan yang berbasis korporasi dengan badan usaha  tingkat petani yang mengelola usaha tani pangan mulai dari hulu hingga hilir secara berkelanjutan dan terintegrasi.
 
"Jadi Bapak Ibu, Food Estate ini menggunakan mekanisasi, tanam sampai panen. Ini untuk menghindari losses yang selama ini masih mencapai 11 sampai 13 persen kemudian dengan packaging yang menarik," 
 
Mentan SYL mengapresiasi kerja keras Gubernur Sumsel, Herman Deru yang sudah melakukan upaya ini. Pasalnya, membangun pertanian bukan hanya menyangkut persoalan memenuhi kebutuhan makan orang tapi juga erat kaitannya dengan lapangan kerja dan memutar roda ekonomi dari mulai tingkat desa.
 
Berkaitan dengan hal itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru yang pernah mendapatkan Pin Emas dari Kementan atas prestasi dan komitmennya dalam pembangunan pertanian hingga membawa Sumsel menjadi propinsi lima besar penghasil beras di Indonesia dan terbesar di Sumatera menyampaikan rasa hormat dan penghargaan atas kehadiran Mentan dan rombongan.
 
"Dalam kurun waktu enam minggu, Pak Menteri dan rombongan sudah dua kali ke Sumsel. Ini merupakan bentuk perhatian yang luar biasa. Dan hari ini, kami ingin tunjukkan kepada Bapak bahwa semua yang Bapak perintahkan, sudah kami jalankan," ungkap Gubernur Herman.



Berita Lainnya