Presiden Periksakan Puluhan Ekor Burung di Karantina Pertanian Solo


Solo – Usai membeli puluhan burung di Pasar Burung Depok, Solo, Presiden Jokowi melakukan pemeriksaan karantina di bandara Adi Sumarmo Solo untuk dibawa ke Jakarta, Minggu (25/1).

“Prosedur pemeriksaan karantina yang dilalui Presiden menggunakan jalur biasa”, ungkap dokter hewan Adri Susiani, petugas medik veteriner Balai Karantina Pertanian Yogyakarta, Wilker Bandara Adi Sumarmo Solo.

Pemeriksaan kesehatan hewan yang dilakukan petugas Karantina Pertanian guna memastikan hewan tersebut sehat dan aman, terutama antisipasi virus flu burung. Puluhan burung ini  dinyatakan sehat, dan segera dikeluarkan Sertifikat Kesehatan Hewan.

Terdapat 30 ekor burung Jalak Kapas, 50 ekor burung Cucak Keling dan 6 ekor burung Merpati  yang akan dilepasliarkan di istana merdeka dan istana Bogor.

“Walau diperlukan waktu cukup lama dalam pemeriksaan fisik, namun seluruh prosedur tetap dilakukan”, tambah Adri.

Petugas Karantina Pertanian berada diseluruh pintu masuk dan keluar wilayah NKRI, bertugas memeriksa dan memastikan hewan dan tumbuhan yang dilalulintaskan aman dan sehat sehingga terjaga kekayaan sumber daya hayati Indonesia, nomor. 2 terbesar di dunia.




Berita Lainnya