Pemerintah Jamin Beli Gabah Petani, Menteri Pertanian Luncurkan Serap Gabah


POJOKJABAR.com, SUKABUM-- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menjamin pemerintah akan membeli gabah langsung dari petani. Hal itu diwujudkan dengan meluncurkan program Serap Gabah (Sergab) nasional di Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, minggu (12/3). Amran mengungkapkan, peluncuran program Sergab ini untuk memotong mata rantai dagang beras sehingga harga pangan pokok ini bisa stabil di masyarakat.

Selain itu juga kebijakan tersebut sebagai jawaban atas permasalahan anjloknya harga gabah di tingkat petani pada masa musim panen.

“Harga gabah di Sukabumi misalnya di bawah harga pembelian pemerintah (HPP) hanya Rp 3.300 per kilogram. Padahal, HPP gabah kering panen (GKP) mencapai Rp 3.700 per kilogram ditingkat petani,” ungkap Amran kepada wartawan di Sukabumi.

Anjloknya harga gabah ungkap Amran dikarenakan berbagai faktor. Salah satunya sesuai dengan prediksi Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan ada kenaikan produksi pada 2015.

‘’Pasokan beras ke sejumlah pasar induk seperti Cipinang mencapai 100 persen,’’ ujar Amran.

Bahkan, untuk Pasar Cipinang mencapai 138 persen. Biasanya, ujar Amran, pasokan beras ke Cipinang pada Januari-Februari hanya sekitar 20-30 ton.

sumber : https://jabar.pojoksatu.id/sukabumi/2016/03/14/pemerintah-jamin-beli-gabah-petani-menpan-luncurkan-sergab/




Berita Lainnya