Indonesia Punya Hutan Durian Terluas di Trenggalek


TRENGGALEK, JATIM – Kabupaten Trenggalek mengkonsentrasikan 650 ha lahan hutan untuk pengembangan komoditas durian. Bupati Trenggalek, Emil Dardak, bersinergi dengan PT. Perhutani serta petani hortikultura untuk fokus meningkatkan produktivitas durian di Trenggalek.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman melakukan pencanangan International Durio Forestry di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jumat (13/5).  Hal ini sebagai pemberitahuan bangsa Indonesia memiliki potensi besar untuk memproduksi durian terbaik sendiri.

"Pak Bupati, Ini (Trenggalek) jadikan lumbung durian. Ada 650 ha dan ini terbesar. Ijinkan semua benih untuk lahan ini dari Kementan," ungkap Mentan.

Dengan pengembangan buah asli Indonesia, Mentan berharap dapat memutarbalikkan keadaan dengan melakukan ekspor komoditas ke negara lain. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan serta memperkuat petani Indonesia.

Mentan juga memberikan bantuan langsung sebanyak 250 juta untuk pembibitan kepada Ripto, petani yang menangkar durian di areal sebanyak 100 ha.

Pada kesempatan yang sama, Mentan juga melakukan pengukuhan kepengurusan Asosiasi Petani Pengolah Hasil Hortikultura Indonesia (Asppehorti) tingkat pusat dan tingkat provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selanjutnya, Mentan melakukan penandatanganan prasasti untuk pencanangan International Durio Forestry dan secara simbolis melakukan penanaman pohon durian.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPR-RI, Ibnu Multazam, Dirut PT Perhutani, Mustoha Iskandar, Wakil Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin, Staf Ahli Menteri Kementan, beserta segenap unsur Muspida.

Kepala tajam berduri, aroma yang khas dan rasa yang memikat, siapa yang tidak mengenal karakter dari buah andalan pada area tropis ini. Satu cara untuk menyantap buah durian yang telah matang sempurna adalah saat buah tersebut jatuh. Mungkin tidak benar jika mengatakan kalau durian adalah buah yang terbaik, tetapi sebagai produk hortikultura kelezatan durian tidak tertandingi. Buah yang banyak tumbuh di Indonesia ini menjadi komoditas pertanian.

Siapa yang tidak mengenal durian, buah andalan daerah tropis yang beraroma yang khas dan rasa yang memikat. Satu cara untuk menyantap buah durian yang telah matang sempurna adalah saat buah tersebut jatuh. Buah yang banyak tumbuh di Indonesia ini menjadi komoditas andalan pertanian.

Kabupaten Trenggalek terkenal akan tiga jenis duriannya yaitu durian Jiiman, Kunir dan durian Ripto.




Berita Lainnya