Ketua Komisi IV: Tata Kelola Pangan Belum Optimal


Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo mengatakan, Komisi IV dalam kunjungan kerja spesifik ke Pasar Johar Karawang dan Pasar Sederhana, Bandung, mendapatkan fakta bahwa tata kelola pangan belum optimal dikelola sehingga perlu diperbaiki, hal ini terkait adanya disparitas harga di tingkat petani dan harga di pasar yang cukup tinggi.

Harga di pasar jauh lebih tinggi daripada harga di tingkat petani seperti cabe, di tingkat petani harga bawang Rp.8.000 akan tetapi di pasar Rp.18.000. "Siapa yang menikmati 10 ribu?", tanyanya serius kepada media.

Di tempat yang sama, Herman Khaeron, Wakil Ketua Komisi IV  menambahkan Pada umumnya harga pangan berada pada posisi stabil akan tetapi  posisinya stabil tinggi. Pada umumnya yg mengalami kenaikan adalah daging, ayam dan ikan. Daging sendiri masih pada posisi harga Rp.120.000 baik di Pasar Johar Karawang maupun Pasar Sederhana Bandung.

Lebih lanjut Herman Khaeron mengatakan bahwa sesusungguhnya pasar menjadi domainnya Kementerian Perdagangan. Sedangkan untuk ketersedian pangan Komisi IV menilai bahwa stok komoditas pangan mencukupi,  "Cukup, sampai lebaran pun cukup, suplainya masih cukup walaupun ada fluktuasi harga", tegasnya.

Intinya harus ada sinergi yang baik antara produsen (Kementerian Pertanian) dan penyalur (Kementerian Perdagangan) dalam hal ini Komisi IV berencana melakukan rapat kerja gabungan dengan Komisi VI karena Kementerian Perdagangan merupakan mitra kerja Komisi VI.

Usai meninjau Pasar Sederhana Rombongan melanjutkan Perjalanan Ke Gudang Bulog Cimindi dan Swalayan Super Indo Dago.




Berita Lainnya