Kabupaten Terluar Indonesia Kembangkan Mandiri Benih Wujudkan Swasembada Pangan


Simeulue, Aceh - Untuk meningkatkan produksi pangan di salah satu Kabupaten terluar Indonesia yaitu Kabupaten Simeulue,  melaui APBN 2016 Kementerian Pertanian membangun sumber benih unggul melalui kegiatan Seribu Desa Mandiri Benih (SDMB). Sumber benih yang ditanam sekitar 4 bulan lalu seluas 10 ha telah dipanen, Sabtu(24/9). Pada acara ini juga dilaksanakan peresmian unit pengolahan benih yang letaknya di samping kebun benih. Pengembangan SDMB selain untuk mencukupi kebutuhan Benih di simeulue, pada saatnya nanti dapat dipasarkan di kabupaten lainnya.

Kabupaten Simeulue Aceh yang merupakan kepulauan terluar yang berada di bagian barat Aceh. Kabupaten ini yang dikelingi Samudera Hindia, mempunyai potensi yang besar untuk mendukung swasembada pangan dan daging khususnya kerbau.

Dalam sambutannya Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono sangat mengapresiasi pencapaian Upsus Pajale Kabupaten Simeulue. Dari 23 kabupaten di Aceh, pencapaian LTT Upsus padi di kabupaten ini yang tertinggi. Hingga rilis ini diturunkan, luas tambah tanam telah mencapai 9.941 ha atau 146,3 % dari target tanam 2015/2016 seluas 6.793 ha. 

"Kinerja baik ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Produktivitas padi di Siemeleu masih harus ditingkatkan dengan memanfaatkan Alsintan yang ada," ujar Mukti.

Bupati simeulue dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Simeulue berkomitmen untuk meningkatkan Produksi Pangan mendukung swasembada Pangan. Untuk itu Kabupaten ini mengharapkan bantuan Kementerian Pertanian dapat ditingkatkan, selain Benih, alsintan juga bantuan Pupuk.

Selain Bupati simeulue dan SAM Bidang Lingkungan, hadir pula dalam kesempatan Kepala Dinas Pertanian Propinsi Aceh, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simeulue, Dandim, Petani, Babinsa dan undangan lainnya.

 




Berita Lainnya