Kementan-Kodam I Bukit Barisan Gelar Gerakan Tanam Serentak


Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kodam I Bukit Barisan menggelar gerakan tanam serentak di di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis (2/2). Gerakan tanam ini dilakukan pada di areal sawah seluas kurang lebih 200 ha oleh Dirjen Tanaman Pangan, Sumardjo Gatot Irianto, Pangdam I Bukit Barisan, Bupati Serdang Bedagai, Penanggungjawab UPSUS, dan Kepala Dinas Pertanian Propinsi Sumatera Utara.

Hadir pada gerakan tanam ini Danrem/Dandim/Babinsa wilayah Kodam I Bukit Barisan dan jajarannya, Ketua DPRD, Kapolres Serdang Bedagai, Kepala BPTP Sumatera Utara, para penyuluh dan pengurus kelompok tani.

Gerakan tanam serentak ini bertujuan untuk mendukung percepatan tanam padi sawah. Dengan total luas sawah di kecamatan Teluk Mengkudu seluas 1000 ha, Kementan bersama TNI akan melakukan gerakan percepatan tanam selama 2 minggu ke depan dengan memobilisasi brigade alsintan oleh TNI/Dandim/Babinsa.

Sehubungan dengan ini, Dirjen Tanaman Pangan, Gatot Irianto menghimbau kepada Dandim dan jajarannya/babinsa bersama petani/kelompok tani untuk melakukan percepatan tanam secara serentak. Setelah panen, di wilayah Kodam I Bukit Barisan pada areal sawah yang hamparannya luas, segera lakukan gerakan tanam dengan brigade alsintan dipimpin oleh Danrem/Dandim beserta Babinsa dan kelompok tani.

“Untuk memperkuat brigade alsintan Korem, kami akan mengalokasikan traktor roda 4 sebanyak 10 unit untuk Korem 022/Pantai Timur dan 10 unit untuk Korem 023/Kawal Samudera. Kami juga akan alokasikan rice transplanter yakni alat tanam 25 unit,” ungkap Gatot.

“Selain itu juga akan dilakukan gerakan tanam jagung pada areal perkebunan replanting sawit seluas 200 ha,” tambah Gatot.




Berita Lainnya