Swasembada Protein Hewani dengan Pengembangan Peternakan Sapi di Lahan Bekas Tambang


Kutai Kartanegara - Sekretaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrullah apresiasi Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur dalam mengembangkan Peternakan Sapi di Lahan eks Tambang. Hal tersebut disampaikannya pada saat kunjungan kerjanya ke PT. Multi Harapan Utama (MHU coal) Kutai Kartartanegara Kalimantan Timur, Selasa (28/2).

PT. MHU coal merupakan perusahaan batu bara yang telah mengelola peternakan sapi potong dengan populasi sekitar 1.800 di lahan eks tambang batu bara. Luas lahan eks tambang di PT. MHU Coal hampir 10 ribu hektar. Lahan ini kemudian dikelola untuk  pengembangan peternakan sapi daripada dibiarkan menganggur. Selanjutnya lahan eks tambang ini akan diserahkan ke Pemerintah Daerah pada tahun 2022.

"Segera kita buat Grand Design antara Pemerintah Pusat, Daerah dan Perusahaan. Agar Lahan Eks Tambang Batu Bara dapat dibuat Padang Pengembalaan," kata Nasrullah.

Nasrullah menyatakan pengelolaan lahan eks tambang di Kutai sangat bagus, sehingga sekarang bisa dipenuhi dengan sapi-sapi. Ini nantinya dapat dijadikan sebagai Pilot Project agar bisa diterapkan di kawasan-kawasan eks Tambang Batu Bara diseluruh Indonesia.




Berita Lainnya