10 Kabupaten Siap Jadi Penyangga Kebutuhan Pangan DKI Jakarta


Jakarta - Terkait dengan pasokan pangan dan gejolak harga yang sering kali terjadi di kota besar khususnya Jakarta, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman memberikan solusi permanen untuk mengamankan pangan Jakarta. Kebutuhan pangan pokok masyarakat kota Jakarta ini dipenuhi dari 10 kabupaten yang berbatasan dengan kota Jakarta. "Kita harus memanfaatkan daerah perbatasan kota yang memiliki sumberdaya dan lahan yang subur, untuk menyangga kebutuhan pangan masyarakat di kota besar, " ungkap Mentan. 
 
10 kabupaten yang ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jabodetabek adalah Kabupaten Serang, Lebak, Pandeglamg, Sukabumi, Lampung Selatan, Lampung Timur, Cianjur, Purwakarta, Subang dan Karawang. "Saat ini kita harapkan 200.000 – 300.000 ha dapat disiapkan untuk penuhi kebutuhan Jagung di DKI Jakarta, " ujar Mentan.
 
Mentan menyatakan untuk tahap awal 10 kabupaten ini akan penuhi kebutuhan Jagung di DKI Jakarta. Diketahui bahwa Jagung hasil produksi dalam negeri memiliki kualitas yang lebih baik dari jagung impor. Selama kurun waktu 2 tahun ini impor Jagung berkurang. Hal ini dapat dilihat dari tidak adanya lagi permintaan dari para importir Jagung. Keberhasilan ini juga turut di apresiasi oleh Presiden RI yang disampaikan saat mengadiri perhelatan Penas (Pekan Nasional) Petani Nelayan XV-2017 di Aceh yang berlangsung tanggal 6 Mei 2017 kemarin atas kinerja Kementan mengurangi impor jagung sebanyak 66 %.
"Saya juga ucapkan terimakasih kepada teman-teman GPMT (Gapungan Pengusaha Makan Ternak) atas kontribusi yang luar biasa dalam menyerap produksi jagung petani dalam negeri, sehingga impor jagung dapat berkurang " ujar Mentan
 
Sebagai tindak lanjut terlaksananya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Jakarta, Mentan telah berkerjasama dengan Kementerian dan lembaga terkait lainnya. Untuk penyediaan lahan Kementan bersinergi dengan Kementerian Kehutanan dan BUMN dalam hal ini Perhutani, selanjutnya untuk penyediaan anggaran kredit telah bekerjasama dengan Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI, lalu untuk penyerapan hasil produksi petani Kementan bersinergi dengan BULOG dan GPMT, selain itu untuk mendukung pemenuhan pangan Pemerintah akan membangun embung desa bersinergi dengan Kementerian Desa dan PDT, sedangkan untuk penyediaan Alsintan, benih unggul dan pompa Kementerian Pertanian siap untuk berikan secara gratis kepada Kabupaten yang mendukung pemenuhan kebutuhan pangan Jakarta. 
 
"Kalau ini berhasil, saya pastikan tidak ada impor lagi, ini adalah solusi permanen untuk Jakarta agar harga pangan tidak mengalami fluktulasi harga, " tegas Mentan
 
Mentan dalam kesempatan tersebut juga meminta keseriusan dari seluruh kabupaten yang ditunjuk untuk menangani kebutuhan pangan Jakarta. Apabila program pemenuhan pangan khususnya Jagung berhasil memenuhi kebutuhan masyarakat Jakarta, maka komoditas lain seperti cabai, bawang merah, bawang putih dan lainya diharapkan dapat segera menyusul.
 
"Kondisi ini adalah pertama dalam sejarah, dulu 2 bulan sebelum ramadhan harga sudah bergejolak, saat ini 2 minggu sebelum ramadhan belum ada gejolak harga yang berarti, " kata Mentan




Berita Lainnya