Mentan Memotivasi Petani dan Harapkan Produksi Pertanian Bengkulu Selatan Tinggi


Bengkulu (19/9) - Pemerintah terus menggenjot produksi di sektor pertanian. Dukungan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian kepada pemerintah daerah terlebih masyarakat sangat serius. Menteri Pertanian di setiap kunjungan kerjanya terus memberikan motivasi dan memacu semangat masyarakat untuk meningkatkan produksinya. Mekanisasi pertanian menjadi salah satu langkah penting. Di setiap kunjungan kerjanya, Menteri Pertanian Andi Amran selalu memberikan bantuan sarana dan prasarana pertanian berupa alat mesin pertanian hingga bibit agar produktivitas masyarakat meningkat.

Dengan kondisi kesehatan yang sebenarnya kurang fit, Menteri Amran tetap melaksanakan kunjungan ke wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari pusat kota Bengkulu, Menteri Amran melaksanakan tanam perdana jagung di areal kurang lebih 1.300an hektare. "Harusnya hari ini harus check up, tapi karena kami cinta masyarakat Bengkulu Selatan, kami harus datang", ujar Menteri Amran.

Amran juga memastikan bahwa Indonesia memiliki potensi pertanian yang sangat luar biasa, dan bangsa Indonesia mampu berdikari atas kebutuhan pangan dalam negeri. "Kita telah tunjukkan pada dunia bahwa kita bisa makan tanpa impor", cetus Amran.

 "Dulu banyak yang ragu, Pak Menteri tidak mungkin kita tidak impor jagung, kita impor dari Argentina, kita impor dari Amerika, kami berjanji pada masyarakat Indonesia, saya katakan pada saatnya kami tutup impor,  Alhamdulillah hari ini jadi kenyataan, kami yakin tahun ini juga kita tidak impor jagung", sambungnya dengan yakin.

Ketika menyampaikan arahannya kepada masyarakat Bengkulu Selatan, Menteri Amran juga memberikan tambahan barbagai bantuan. "apa butuh pompa? apa ada air yang bisa dipompa (untuk pertanian)? sungai besar ada?", tanya Amran sebelum memberikan bantuannya. Sesuai pernyataan Menteri Amran "Ada air ada kehidupan", Amran memberikan pompa kepada masyarakat untuk mengairi  lahan. "Berikan pompa dulu 10, semua dipasang, kalau bisa dipasang tambah lagi 10, tahun ini, bukan tahun depan, mulai besok pengiriman ke Bengkulu Selatan", tambahnya.

Selain memberikan pompa, ada bantuan benih jagung setara untuk 20 ribu hektare. Amran menjanjikan jika Bengkulu Selatan berhasil menanam sejumlah tersebut di tahun ini, maka untuk tahun depan bantuannya akan ditambahkan menjadi 30 ribu hektare atau setara dengan 60 miliyar rupiah. Untuk hand traktor ditambahkan bantuan sebanyak 10 unit. Selain itu ada tabungan yang dibagikan langsung kepada 4 warga dari Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) melalui Amran.

Dalam kegiatan tersebut yang dihelat di kabupaten Bengkulu Selatan juga dihadiri oleh Bupati Kaur Gusril Fauzi. Kehadiran Bupati tetangga Bengkulu Selatan ini mendapat apresiasi langsung dari Menteri Amran. Amran langsung memberikan bantuan kepada Kabupaten Kaur bibit jagung sejumlah 5 ribu hektare dan 5 unit hand traktor.

Pemberian berbagai bantuan dari pemerintah yang menunjang sektor pertanian diharapkan mampu mendongkrak dan memacu produktivitas para petani. Dengan begitu, kemampuan masyarakat Indonesia akan mandiri pangan segera terwujud.




Berita Lainnya