Luar Biasa, Panen di Lebak 100 Ha


Hulu Sungai Selatan (15/11) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman benar-benar ingin merasakan apa yang dirasakan oleh petani. Dalam kunjungannya ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Menteri Amran yang didampingi Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ahmad Fikri lansung terjun ke air setinggi 1 meter untuk melakukan panen di area rawa lebak. Ada yang unik dalam panen kali ini, untuk melakukan panen biasanya para petani menggunakan perahu sekaligus untuk mengangkut hasil panennya. Tanpa ragu, Amran langsung terjun ke areal rawa yang ditumbuhi padi siap panen. Hal ini sempat mengagetkan awak media dan para petani yang hadir.

Panen padi di Rawa Lebak seluas 100 hektar dilakukan merupakan hasil penerapan teknologi oleh Litbang Kementerian Pertanian.

Memang diakui oleh Haji Ahmad salah seorang petani bahwa kemajuan yang diperolehnya berkat kerja sama dan bimbingan dari aparat litbang pertanian.

Kalau dulu petani dengan pola konvensionalnya hasil yang diperoleh jauh dibawah harapan, tetapi sekarang dengan adanya teknologi hasil taninya semakin menjanjikan. Di areal rawa lebak tersebut para petani mampu menghasilkan padi dengan produktivitas 4 hingga 6 ton per hektar. 
 
Menteri Amran Sulaiman menyampaikan harapannya ke depan petani mampu mengelola lahan rawa lebak 100 ribu hektar. Guna mendukung rencana tersebut Menteri Amran menyampaikan bantuan berupa alat traktor roda dua dan roda empat sebanyak 14 unit dan juga cultivator sebanyak 1 buah. "Nanti semua (alat mesin pertanian) bergerak secara brigade", ungkapnya.

Melihat potensi lahan rawa yang dimiliki oleh Pulau Borneo ini, Amran optimis Indonesia produksi pangan mampu ditingkatkan lagi.




Berita Lainnya