Rakernas Pembangunan Pertanian 2018 Untuk Mengangkat Kesejahteraan Petani


Jakarta (15/1) – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian 2018 yang berlangsung di Jakarta, Senin 15 Januari 2018. 

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam sambutannya memaparkan capaian Kementerian Pertanian. “Alhamdulillah, dua tahun terakhir, di tahun 2016 dan 2017 kita tidak ada impor beras. Harga di 2017 pun merupakan harga beras terstabil selama 10 tahun terakhir” ujar Mentan. “Bawang merah dulu kita negara pengimpor, sekarang kita menjadi negara pengekspor, Indonesia telah mampu mengekspor bawang merah ke enam negara” ujar Mentan. Dahulu kita impor 3,6 juta ton jagung, senilai Rp 12 triliun, namun sekarang kita sudah berhasil mengekspor jagung,  “ini sejarah baru bagi Indonesia” tambahnya.

Mentan menuturkan untuk meningkatkan kesejahteraan, akan dilakukan beberapa pendekatan kesejahteraan kepada para petani. Pertama, mengarahkan seluruh ditjen di Kementerian Pertanian. Ditjen Perkebunan, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ditjen Tanaman Pangan, Ditjen Hortikultura, Ditjen Sarana dan Prasarana semuanya mengarahkan bantuan kepada masyarakat yang ada di pedesaan yang tidak mampu supaya mereka berpendapatan, yakni 17 juta penerima rastra (beras sejahtera). 

“Contohnya kalau ada Rumah Tangga penerima rastra, kami berikan ayam 10-20 ekor, bisa jadi ada 10 juta ekor kita bagikan di tahun 2018”, lanjutnya. Kedua, pemberian combine harvester pengganti sabit bagi masyarakat yang bekerja di pertanian. “Yang dulu panen dengan menggunakan sabit kami fokuskan dengan combine harvester, mereka bisa dapat 3-4 juta perhari, kalau dibagikan 10 orang artinya bisa dapat 300 ribu perhari, atau minimal 200 ribu keuntungan, perbulan bisa 4-5 juta”, tambahnya. 

Mentan juga menyampaikan akan melakukan pengoptimalan potensi besar pada lahan rawa. “Kurang lebih ada 10 juta hektar lahan rawa yang berpotensi untuk dibangunkan” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Mentan menyampaikan bahwa pertanian tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan sinergi semua pihak untuk bahu membahu meningkatkan produksi pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Rakernas ini dihadiri oleh lebih dari 1.700 peserta yang terdiri dari sejumlah pejabat dan instansi terkait diantaranya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Kementan Provinsi/Kabupaten/Kota, KPK, Mabes Polri, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Aster KSAD, Dirjen Sumber Daya Air Kemenpur, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kemendes), Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos, Danrem, dan Dandim.




Berita Lainnya