Genjot Produksi Beras 2018, Kementan Dorong Luas Tambah Tanam dan Optimalisasi Alsintan


Senin, 5 Juni 2018 - Tak ingin kehilangan momentum musim tanam 2018, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman koordinasikan program peningkatan produksi padi. Dalam arahannya disampaikan, untuk mencapai hasil yang optimal, produksi padi tahun ini sangat ditentukan oleh kesuksesan Luas Tambah Tanam (LTT) pada Oktober 2017 hingga Maret 2018.

Hal tersebut ia sampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Gabungan Percepatan Serap Gabah Petani (Sergap), Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA), dan Luas Tambah Tanam (LTT) 2018 di Kantor Kementerian Pertanian pada Selasa, 5 Juni 2018.

Mentan menyampaikan, sejumlah langkah telah dipersiapkan untuk mendorong LTT agar bisa menggenjot produksi padi nasional. Berdasarkan data, hingga Mei 2018 LTT sudah mencapai 72,69%. Namun demikian, Amran belum cukup puas, karena menurutnya masih banyak daerah yang LTTnya masih rendah dan tidak mencapai target, hanya 75,45%.

Untuk itu Amran menyatakan, bagi provinsi atau kabupaten yang tidak mencapai target akan dilakukan langkah penting salah satunya adalah mengevaluasi kinerja dan jabatan Pj Upsus Pusat yang bertugas di wilayah tersebut.

"Jika perlu, alokasi anggaran semester kedua Tahun 2018 bagi provinsi atau kabupaten yang kinerjanya rendah akan dialihkan ke provinsi atau kabupaten lain," tegas Amran.

Beberapa upaya percepatan yang harus dilakukan adalah mencari lahan yang baru panen, beras, yang belum diolah. Amran meminta koordinasi dilakukan dengan Dinas Pertanian, Kodim, Penyuluh, Koramil/Babinsa dan menggerakkan mahasiswa STPP dan alumni agar segera mendistribusikan alsintan dan mengolah lahan.

Amran juga menyoroti realisasi OPA khususnya untuk bulan Mei 2018 yang masih perlu didorong. Dalam catatannya, hingga pada bulan tersebut pemanfaatannya masih 74.04%, atau lebih rendah dari capaian Mar-Apr 18. "Dorong terbentuknya Brigade Kecamatan dan UPJA serta mobilisasi traktor, combine harvester, optimalkan pemanfaatan pompa air pada lokasi yang kekurangan air," jelasnya.

"Untuk upaya percepatan, agar Penanggungjawab (Pj) Upsus Provinsi, Kadistan Provinsi, Danrem agar memerintahkan Tim LTT Kabupaten agar mengidentifikasi potensi tanam, sumber air, rencana tanam dan saprotan. Dinas Pertanian segera eksekusi Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) ke Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dan harus segera ditanam. Optimalkan pemanfaatan benih dan saprotan," beber Amran.

Amran juga menyoroti realisasi OPA khususnya untuk Bulan Mei 2018 yang masih perlu didorong. Dalam catatannya, hingga pada bulan tersebut pemanfaatannya masih 74.04%, atau lebih rendah dari capaian Maret-April 2018.

"Dorong terbentuknya Brigade Kecamatan dan UPJA serta mobilisasi traktor, combine harvester, optimalkan pemanfaatan pompa air pada lokasi yang kekurangan air. Memanfaatkan sumber dana pola Yarnen atau lainnya, misal dari Dana Desa, Bumdes dan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, terkait dengan realisasi Sergap Januari hingga Mei 2018 juga dinilai masih rendah. Realisasi sampai dengan Mei 2018, sebesar 258.111 ton. Tim Sergab diminta agar bekerja maksimal pada lokasi panen dengan target menyerap minimal 15% dari produksi gabah di setiap wilayah.

Dalam kesempatan tersebut Mentan juga menyampaikan bahwa produksi beras tidak dapat terbantahkan bahwa telah meningkat tajam. begitu juga dengan investasi.

“Untuk investasi, pemerintah mengubah regulasi yang menghambat investasi sektor pertanian, dari 23 triliun naik menjadi 45 triliun” ujar Mentan. “Capaian produksi jagung, dari impor menjadi ekspor. Dulu kita impor jagung 3,7 jt ton setara dengan 10 triliun, sekarang kita membalikan sejarah, kita sudah ekspor ke 5 negara” lanjut Mentan.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua Komisi IV DPR-RI, Wakil Asisten Teritorial TNI AD, Direktur Pengadaan BULOG, Ketua KTNA, Ketua KPPU, Ketua Satgas Pangan, Direktur Utama Bank BRI, BNI, dan Mandiri, Direktur Utama PIHC, PT SHS, dan PT Pertani, Pejabat Eselon I dan II lingkup Kementerian Pertanian, Kepala Dinas lingkup Pertanian Provinsi Sentra Produksi, Aster Kodam dan Komandan Korem Provinsi Sentra Produksi, Tim Kelompok Kerja Upaya Khusus (Pokja Upsus), Tim Pakar Upsus, Tim Sergap, serta Tim OPA.




Berita Lainnya