SMARt Tingkatkan Produktivitas Padi


Pupuk merupakan nutrisi bagi tanaman, atau bisa juga dikatakan sebagai makanan tambahan. Beberapa manfaat pupuk bagi tanaman yaitu dapat meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan serta perkembangan tanaman yang sudah kita budidayakan, dapat meningkatkan dan mempercepat hasil produksi tanaman, dapat meningkatkan kesuburan tanaman yang kita budidayakan sehingga tanaman lebih tahan dari berbagai macam hama dan penyakit, dapat memanipulasi lingkungan di sekitar tanaman sehingga sesuai untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tanaman yang bersangkutan dan terakhir dapat merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun tanaman.

 
Salah satu jenis pupuk adalah pupuk hayati yang memiliki fungsi sebagai penyedia hara, peningkat ketersediaan hara, pengontrol mikroorganisme pengganggu tanaman, pengurai bahan organik dan pembentuk humus, pemantap agregat tanah dan perombak senyawa agrokimia.
 
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanah (Balittanah) menghasilkan teknologi SMARt yaitu Pupuk Hayati Tanaman Padi.
 
SMARt merupakan formula pupuk hayati untuk meningkatkan efisiensi pemupukan, produktivitas, dan ketahanan tanaman padi terhadap penyakit. Formula pupuk hayati ini merupakan konsorsia mikroba selektif yang unggul sebagai penambat N, pelarut fosfat, dan penghasil hormon.
 
SMARt memiliki keunggulan lain, seperti ramah lingkungan karena menggunakan mikroba tropik, mampu meningkatkan produktivitas padi dan menekan jumlah penggunaan pupuk dan insektisida ±50%.
 
Ditinjau dari keunggulannya, SMARt potensial dikembangkan secara komersial oleh industri sarana produksi pertanian untuk mensubstitusi pupuk anorganik dan insektisida pada tanaman padi.



Berita Lainnya