Perkuat Sinergitas, Kementan Gelar Rakor Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan di Maluku


MALUKU - Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanuan (Itjen Kementan) melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) di wilayah Ambon, Maluku. Kegiatan ini dihadiri Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, Kajati Edyward Kaban dan jajaran Pemprov Maluku yang dibawakili Dinas Pangan setempat.


Irjen Kementan, Jan Samuel Maringka yang memimpin rakorwas ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kerja kementan dalam memperkuat fungsi pengawasan pangan bersama Aparat Penegak Hukum (APH). Selain itu, kata Jan, pertemuan ini diharapkan mampu memperkuat ketahanan pangan sehingga kebutuhan masyarakat dalam beberapa tahun ke depan mampu tercukupi.

"Intinya kita ingin memonitoring, mengevaluasi dan memperkuat sinergitas dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Diharapkan dengan koordinasi ini kita bisa menggali potensi daerah serta meningkatkan ekspor tanah air," ujar Jan, Kamis, 24 November 2022.

Jan mengatakan, APH dan APIP harus memiliki komitmen yang sama dalam menjaga pangan Indonesia sehingga kontribusi pertanian terhadap ekonomi nasional dapat ditingkatkan.

"Kita harus bersama membentuk komitmen menjaga pangan sehingga ke depan kontribusi sektor pertanian dapat terus meningkat," katanya.

Sebelumya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan kerjasama yang kuat dari pemerintah pusat dan daerah harus selaras dengan program jangka panjang kementan terutama yang berkaitan dengan ketahanan pangan dan peningkatan daya saing berkelanjutan.

"Di antaranya melalui peningkatan kapasitas produksi, penguatan cadangan pangan dan pembangunan sistem logistik pangan," katanya.

Sebagai informasi, Kementan menyerahkan bantuan benih hortikultura dan perkebunan ke Kelompok Tani Tunas Remaja di Kota Ambon. Rangkaian kegiatan ditutup dengan monitoring dan evaluasi di Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP) Ambon.



Berita Lainnya