Pedoman Kesiagaan Darurat Veteriner Indonesia


Halo sobat tani, Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular pada hewan berkuku genap/belah. Penyakit ini ditandai dengan adanya pembentukan vesikel/lepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku.

PMK disebabkan oleh Apthovirus, keluarga picornaviridae. Terdapat 7 serotipe PMK yang telah diidentifikasi yaitu tipe Oise (O); Allemagne (A); German Strain (C); South African territories 1 (SAT 1); SAT 2; SAT 3; dan Asia 1. Tipe O, A, C, SAT 1, SAT 2, SAT 3 dan Asia 1 tersebut yang secara imunologis berbeda satu sama lain. 

Hewan peka terhadap PMK adalah hewan berkuku genap/belah, yaitu: jenis ruminansia (sapi, kerbau, kambing, domba, rusa), babi, unta dan beberapa jenis hewan liar seperti bison, antelope, menjangan, jerapah dan gajah. Secara infeksi buatan PMK juga dapat ditularkan kepada tikus, marmut, kelinci, hamster, ayam dan beberapa jenis hewan liar akan tetapi tidak memegang peranan penting dalam penyebaran PMK di alam

Buku ini sebagai acuan nasional dalam melakukan tindakan untuk kesiapan Indonesia menghadapi masuk dan
terjadinya wabah PMK di Indonesia. Isi buku ini dapat dikutip dan diperbanyak dengan mencantumkan sumbernya. Pencetakan kembali buku ini dapat dilakukan oleh pihak manapun dengan seijin Direktorat Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

silahkan download buku Pedoman Kesiagaan Darurat Veteriner Indonesia Untuk Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dilink ini

 

 

silahkan nonton juga Video TVTani Indonesia terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) :

1. Konferensi Pers Menteri Pertanian RI - Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Hewan Ternak

2. Penyebaran, Pencegahan, dan Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

3. Kenali Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Ternak




Berita Lainnya