Mentan Amran Dampingi Presiden Gowes Sapa Warga di Mataram


Mataram, (1/5) - Presiden Joko Widodo menyapa warga kota Mataram dengan didampingi para menteri kabinet sambil bersepeda santai berkeliling kota, Rabu, 1 Mei 2024. Tampak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman turut serta bersama presiden, bahkan Mentan terlihat berbincang dan tertawa hangat bersama presiden. 

 

“Bapak Presiden tampak segar dan begitu hangat menyapa warga. Kebiasaan beliau apabila kunjungan kerja ke daerah selalu menyempatkan diri untuk menyapa rakyat, baik di pasar ataupun sekedar olahraga pagi,” tutur Mentan Amran yang juga hobi olahraga.

 

Mentan diketahui sejak selasa malam (30/4/2024) terlihat mendampingi Presiden Jokowi sejak ketibaannya di Bandara Lombok. Bahkan dalam perjalanan menuju makan malam, Mentan terlihat satu mobil bersama Presiden. Mentan Amran mengatakan bahwa presiden sangat memberi atensi bagi perkembangan pertanian di Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

“Esok pagi Presiden Jokowi akan panen jagung di Sumbawa bersama petani disana. Kita tahu NTB menjadi salah satu produsen terbesar jagung nasional, dan kehadiran presiden mudah-mudahan akan terus memberi semangat bagi petani, dan menjaga harga jagung terus baik,” lanjut Mentan.

 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), panen jagung secara nasional pada Maret mencapai 2,29 juta ton di lahan 405 ribu hektare. Sementara pada April, panen jagung diperkirakan mencapai 1,76 juta ton pada luas lahan 318 ribu hektare.

 

Adapun potensi luas panen jagung April terbesar tersebar di 10 kabupaten, yaitu Sumbawa 39.632 hektare: Bima 29.957 hektare; Gunung Kidul 26.899 hektare; Dompu 17.060 hektare; Lampung Tengah 15.202 hektare; Wonogiri 15.200 hektar; Boalemo 12.280 hektare; Lampung Timur 12.030 hektare; Jeneponto 11.997 hektare; dan Malang 9.719 hektare.

 

“Kami bahagia di pertanian ini. Presiden sangat perduli dengan nasib para petani, makanya beliau aktif berkeliling menyapa petani-petani kita. Semangat mereka perlu kita jaga terus agar swasembada tercapai,” tegas Mentan.

 

Selanjutnya Mentan kembali ke hotel bersama rombongan Presiden setelah bersepeda selama sekitar 30 menit untuk persiapan agenda resmi kunjungan kerja berikutnya. Tampak Presiden Jokowi masih menyempatkan diri menyapa dan berswafoto dengan masyarakat yang telah menunggu di sekitar hotel.




Berita Lainnya