Tingkatkan Produksi Kedelai, Kementan Kerjasama dengan IPB


Tanjung Jabung Timur, JAMBI – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman melakukan panen raya kedelai yang dibudidayakan oleh Kelompok Tani Sidodadi di Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Selasa (6/9). Panen kedelai ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) serta Pemerintah Provinsi Jambi tentang Program Budidaya Jenuh Air untuk meningkatkan produksi kedelai.

“Produksi rata-rata nasional hanya 1,5 ton per haktare. Dengan program ini produksi dapat menghasilkan 2,5 ton bahkan mencapai 4 ton per hektare,” jelas Mentan.

Pemerintah tahun depan akan menyiapkan bantuan benih kedelai dari IPB untuk 300-400 ribu hektare lahan . Mentan menegaskan bahwa budidaya kedelai dari IPB ini harus dikembangkan untuk tingkatkan produksi kedelai dalam negeri. Hal ini untuk mengurangi angka impor kedelai yang masih cukup tinggi.

Mentan juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan produktivitas, pertanian harus dibantu dengan teknologi. Seperti pada pengolahan tanah, pascapanen hingga hilirisasi, saat ini semua dipacu dengan menggunakan teknologi.

“Ternyata bisa tumbuh di sini, kita kembangkan pak Gubernur, kalau perlu, kembangkan menjadi 20 ribu hektare, kami support dari pusat dan kami kirim benih juga, pendampingan dari IPB,” ujar Mentan kepada Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli setelah panen kedelai.




Berita Lainnya