Menteri Amran Bersama Wakapolri Kunjungi Pabrik Gula Camming


BONE - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, mengunjungi Pabrik Gula Camming atau PG Camming, di Desa Pitumpidange, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Selasa (10/1/2017). Amran Sulaiman tiba di lapangan bola PG Camming menumpangi helikopter didampingi Wakapolri Komjen Pol Syafruddin dan langsung menuju pabrik gula untuk menandatangani karung gula.

Kemudian Menteri Amran dan rombongan keliling perkebunan tebu milik PTPN XIV. Kepada wartawan, Amran mengapresiasi kinerja PTPN XIV dan PTPN X atas berhasilnya meningkatkan produksi gula di era Pemerintahan Jokowi-JK saat ini. "Kami apresiasi. Ini luar biasa peningkatan, tetapi ini tidak cukup, kita buat lompatan lagi," kata Amran dengan tegas.

Menurut Amran Sulaiman, untuk menggerakkan perekonomian di Indonesia, salah satunya dengan mengembangkan tebu rakyat. "Sektor jagung sudah bergerak, padi sudah bergerak, sapi dengan program kami siwab sudah bergerak, sekarang gula kita gerakkan lagi," papar Amran.

Dijelaskan Amran, produksi gula yang dihasilkan oleh PTPN Camming pada tahun ini berkisar 16.000 ton. Sementara keuntungan yang didapat dari produkdi tersebut sekitar Rp 10 miliar. "Yang penting sudah untung dulu, karena dulu yang dicerita hanya ruginya," papar Amran.

Sehubungan dengan keuntungan yang didapat itu, tambah Amran, pihaknya mengejar lagi dengan plasma untuk membangun embung. "Karena ada air ada kehidupan. Ini akan masif nantinya, tidak boleh ada tebu dibiarkan tidak minum, itu prinsipnya," terang Amran Sulaiman.

Disamping itu, katanya, juga secara nasional ada lahan tadah hujan di seluruh Indonesia yang perlu diperhatikan pemerintah dengan membangunkannya. "Bangunkan lahan tidur, bangunkan petani tidur dengan membangun embung-embung di seluruh Indonesia. Kami telah kerjasama dengan Menteri Pedesaan untuk merealisasikan 30.000 embung, target yang diberikan oleh Bapak Presiden," ujar Amran Sulaiman.




Berita Lainnya