Gerakan Tanam Cabai, Mentan Bagikan 500 Ribu Bibit


LAMPUNG - Demi mencanangnan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman membagikan 500 ribu bibit canai secara gratis kepada ibu-ibu PKK di Lampung.

“Bila perempuan-perempuan ini sudah bergerak, selesai sudah masalah cabai ini. Tahun depan tidak ada lagi yang teriak-teriak harga mahal," ujar Amran di Kantor BPTP Balitbangtan Lampung, Jalan ZA Pagar Alam, Kamis (16/2).

Kata Amran, tak hanya cabai, pihaknya juga membagikan berbagai jenis bibit sayur dan buah-buahan ke ibu-ibu PKK yang disalurkan melalui 44 kantor BPTP di tanah air. Untuk mengendalikan harga cabai di Lampung, Amran mengaku telah mengirim tim khusus yang mengawal distribusi cabai hingga ke sentra produksi cabai di kota tersebut.

"Kita akan upayakan kestabilan harga cabai secepat mungkin. Ini kan masalah iklim, ada hujan sampai Maret dan April, Bulan Mei sudah normal kembali," jelasnya.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas PTPH Lampung Eko Dyah Purwaningsih menambahkan, sudah banyak program yang dilakukan Dinas Pertanian Lampung untuk meningkatkan produksi dalam upaya memenuhi swasembada cabai. Di antaranya dengan menyediakan bibit cabai besar keriting untuk luas tanam 6.300 hektar dan cabai hijau 2.940 hektar.

"Memang kalau dari pusat tidak ada program penanaman cabai rawit merah. Tapi di Lampung kami punya program sendiri tanam cabai di pekarangan atau polybag. Dan dukungan program kegiatan Pemprov Lampung untuk penanaman cabai rawit merah seluas 710 ha pada 2017," ujar Eko.

Sebelumnya, BPTP Balitbangtan Lampung mengandeng Pengurus Wilayah Kaukus Perempuan Politik Indonesia (PW KPPI) Provinsi Lampung dan Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPD IWAPI) Provinsi Lampung melakukan penandatanganan nota kesepakatan dan penyerahan bibit cabai.

BPTP Balitbangtan Lampung menyerahkan bibit cabai kepada PW KPPI dan DPD IWAPI Provinsi Lampung masing-masing sebanyak 1.000 bibit, yang diserahkan langsung kepada para pengurus organisasi wanita tersebut berikut panduan teknologi budi daya cabai dalam bentuk leaflet.




Berita Lainnya