Pemerintah Pastikan Stok Daging Aman Menjelang Ramadhan


Serpong - Saat ini ada 157.000 ekor sapi bakalan siap potong atau setara 31.000 ton, di Importir ada sekitar 11.000 ton dan Bulog ada sekitar 41.000 ton daging kerbau, dengan demikian saya pastikan stok daging untuk memenuhi kebutuhan masyarakat aman jelang ramadhan"
Demikian pernyataan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementerian Pertanian, I Ketut Darmita di Hotel Mercure, Serpong dalam pertemuan dengan tim satgas pangan membahas ketersediaan  daging jelang ramadhan  yang dihadiri Ketua Satgas Pangan Polri, Setyo Wasisto, Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Dirjen Dagri Kemendag Tjahja Widayanti dan Dirjen Daglu Kemendag Oke Nurwan.

Dari hasil pantauan dilapangan, harga sapi hidup di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) 41.000/ kg atau setara 96.000/kg daging sapi yang kemudian dijual kepedagang sebesar 100.000/kg, dari pedagang ke konsumen, dahing sapi segar dijual seharga 110.000/kg. 

Selain itu disinyalir terdapat penurunan tingkat konsumsi masyarakat akan daging, indikasinya adalah pemotongan sapi yang biasanya 30-50 ekor perhari,  saat ini hanya 15-20 ekor. I ketut Darmita dalam tanggapannya menyampaikan, " penurunan tingkat konsumsi disebabkan adanya pasokan daging beku kerbau (beke) ketingkat pasar rakyat serta daya beli masyarakat yang turun". 

Tim satgas pangan dalam pertemuan tersebut kembali tekankan akan ada tindakan hukum yang tegas, jika ditemukan upaya menghambat distribusi yang berdampak pada melonjaknya harga pangan.




Berita Lainnya