Ketua PBNU Sebut Baru Kali Ini Ada Menteri Pertanian Beneran


Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siroj mengapresiasi langkah Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang membangun kerjasama dengan PBNU guna membangun kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteran petani. Karena itu, Said menilai hanya di era pemerintahan Jokowi-JK, Mentan yang benaran bekerja ikhlas mengutamakan kepentingan umat.

“Baru kali ini ada menteri pertanian beneran,” demikian ungkap Said Aqil Siroj di sela penandatanganan nota kesepahaman antara Kementan dengan PBNU di Kantor Kementan, Jakarta, Kamis (30/11).

Tujuan kerja sama ini yakni agar program Kementan melalui PBNU dapat meningkatkan ekonomi petani khususnya warga NU. Sebab, petani yang berada di pedesaan identik dengan kondisi yang memprihatinkan.

"Petani NU di Jawa masih panas-panasan kerja di sawah. Kondisi mereka tentu masih memprihatinkan. Hasil dari bertani hanya bisa untuk makan sehari-hari. Tapi, terima kasih buat Pak Mentan ini. Sejak zaman beliau, ada perubahan," ungkap Said.

Untuk diketuhui, Kementan memberikan bantuan kepada PBNU dengan nilai mencapai Rp 200 miliar. Adapun bantuanya berupa 2 unit exavator, 2 unit traktor roda empat, 10 unit traktor roda dua, 10 unit pompa air. Di tahun 2018, bantuan pupuk beserta benih untuk jagung seluas 100 ribu ha dan kedelai 10 ribu ha yang fokus pada 9 kabupaten. Yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Kaur, Seluma, Muko-muko, Rejanglebong, Pasir Panajam, Ogan Komering Ilir dan Kepahiang.

Menurut Mentan Amran, kerja sama dengan PBNU sangat penting dan strategis guna membangun pertanian sampai di daerah pedesaan dan perbatasan. Pasalnya, warga NU memiliki jaringan sampai pelosok negeri. Apalagi, mayoritas warga NU merupakan petani.

"Keanggotaan NU sekitar 91 juta orang, 80 persennya adalah petani," kata Amran.

Kerja Kementan dan NU telah terbukti memberikan hasil. Sebelumnya Kementan telah memberikan bantuan untuk penanaman jagung 20 ribu hektare di Bengkulu. 

“Hasilnya memuaskan. Atas dasar ini, kami lanjutkan kerja sama. Kami puas dengan PBNU," tutur Amran.




Berita Lainnya