IFAD Danai Wirausaha Muda Tani Indonesia


 Roma, Italia - International Fund for Agriculture Development (IFAD) akan mengucurkan pendanaan untuk kegiatan unggulan Kementerian Pertanian melalui proyek Youth Entrepreneurships and Empowerment Support Services (YESS). Hal ini terungkap dalam sidang Executive Board IFAD ke-124 yang diselenggarakan pada 10-13 September 2018 di Roma Italia. Bertindak selaku Ketua Delegasi RI (Delri) dalam sidang dimaksud adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro, dengan anggota Delri berasal dari unsur Biro Kerja Sama Luar Negeri, Pusat Pelatihan Pertanian, dan KBRI Roma.

Dalam kesempatan tersebut, Syukur menyampaikan kepada seluruh anggota Board bahwa Indonesia dan IFAD telah menyusun program YESS yang akan mendorong peningkatan agripreneur dan membuka lapangan pekerjaan di wilayah pedesaan di Indonesia. Program ini selaras dengan Draft Action Plan for Youth Mainstreaming yang saat ini sedang dimatangkan oleh IFAD.

Dalam pertemuan koridor dengan Presiden IFAD, Syukur memperoleh dukungan dari Presiden IFAD bahwa manajemen IFAD akan mendukung pengesahan program YESS pada sidang EB IFAD ke-125 bulan Desember 2018.

Agenda penting lain yang dibahas adalah persetujuan anggaran IFAD periode 2019 sebesar USD 159,29 juta, naik 2,4% dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini bersumber dari penambahan staf untuk reformasi IFAD, kenaikan kontribusi IFAD untuk PBB, depresiasi, kenaikan gaji berkala, dan potensi kenaikan riil lainnya. Sidang EB IFAD juga menyetujui total rencana penyaluran pinjaman dan hibah tahun 2019 sebesar USD 1,76 Milyar dan anggaran operasional Kantor Independen Evaluasi IFAD (IOE) TA. 2019 sebesar USD 5,89 juta.




Berita Lainnya