Mentan Sebut Pupuk Penting untuk Optimalisasi Pertanian


MALANG – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan pupuk menjadi bagian terpenting untuk mengoptimalisasi pertanian. Pernyataan tersebut disampaikan Mentan SYL saat berkunjung ke gudang pupuk Petrokimia di Malang Bakalan, Jalan raya Krebet Bululawang, Km.17 Desa Bakalan Malang, Jawa Timur, Jumat (4/9/2020).

 
“Pupuk adalah bagian penting untuk hadirnya optimalisasi pertanian. Dan kita yakin Petrokimia dan pabrik pupuk lainnya akan terus berupaya maksimal, khususnya untuk mengadakan pupuk subsidi,” tuturnya. 
 
Tidak itu saja, Mentan juga berharap Petrokimia dan pabrik pupuk lainnya menyiapkan inovasi baru agar tumbuhan dan buah lebih maksimal.
 
Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu juga menegaskan jika tidak ada penurunan produksi. Justru produksi mengalami peningkatan meski tidak dalam jumlah yang sangat besar.
 
“Intervensi pupuk membuat produksi bisa lebih baik. Pertanian Kita sudah memasuki musim tanam II. Dan kita sudah melewati musim tanam I dengan baik. Tentu saja kita berharap alokasi pupuk bisa ditingkatkan. Dan memang ada rencana menambah jumlah pupuk subsidi. Tapi kita lihat nanti,” katanya.
 
Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy mengatakan pihaknya akan terus memaksimakan kinerja untuk mendistribusikan pupuk subsidi.
 
“Mekanisme pendistribusian pupuk bersubsidi yang kita lakukan dengan eRDKK terbukti cukup efisien. Bahkan data penerima valid hingga 94 persen. Tapi tentu kita akan upayakan agar distribusi pupuk bisa semakin baik setiap tahun,” katanya.
 
Ditambahkan Sarwo Edhy, verifikasi data penerima bertahap yang dilakukan menjadi salah satu kunci.
 
“Penerima pupuk bersubsidi adalah hasil pengajuan dari kelompok tani dan kemudian diverifikasi bertahap dari kabupaten, provinsi, hingga akhirnya disahkan. Data itu yang digunakan untuk mendistribusikan pupuk subsidi,” terangnya.(*)



Berita Lainnya